Salsabilla, Alicia Victoria (2024) PENGARUH BRAND IMAGE DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELANGGAN HERO COFFEE SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (561kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Download (131kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (132kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bisnis coffee shop saat ini telah menjamur sehingga memperketat persaingan.
Didukung dengan gaya hidup masyarakat yang marak berkunjung di coffee shop.
Hero Coffee Semarang menjadi salah satu merek usaha coffee shop yang dalam 5
tahun terakhir (2018 – 2022) mengalami pendapatan yang fluktuatif dan cenderung
menurun. Hal ini dapat mengindikasikan penurunan keputusan pembelian terhadap
produk Hero Coffee Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan social media
marketing terhadap keputusan pembelian terhadap pelanggan Hero Coffee
Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan
kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan
purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 97 responden berdasarkan
perhitungan teknik pengambilan sampel yang dikemukakan oleh Rao Purba (2006).
Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara yang kemudian data
yang diperoleh dilanjutkan pada tahap pengolahan menggunakan software Smart
PLS versi 3.3.3.
Penelitian ini menghasilkan bahwa brand image (X1) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Kemudian, social media marketing
(X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y).
Variabel brand image (X1) dan social media marketing (X2) memberikan
kontribusi sebesar 73,3% terhadap keputusan pembelian (Y).
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti merumuskan saran bagi Hero Coffee yakni
promosi dengan viral marketing, mengundang influencer review makanan untuk
mendongkrak popularitas. Hero Coffee perlu membuat spot foto ikonik sehingga
dapat meningkatkan citra merek, menggunakan ads atau iklan dalam promosi dan
membuat konten lebih menarik sehingga banyak audiens yang terjangkau dan
tertarik dengan konten tersebut. Hero Coffee bersama dengan konsumen
diharapkan dapat membangun diskusimelalui kolom komentar media sosial, ulasan
google bisnis, atau story instagram agar interaktif. Saran bagi penelitian selanjutnya
yaitu dapat melakukan penelitian secara longitudinal serta penambahan variabel
seperti service quality dan café atmosphere.
Kata kunci: brand image, social media marketing, keputusan pembelian
15/ bisnis/2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 02:16 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 02:16 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26878 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |