Search for collections on Undip Repository

PENGEMBANGAN APLIKASI EDUKASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 23 BANDUNG

AKBAR, SYAHIDAN MUHAMMAD (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI EDUKASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 23 BANDUNG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesehatan reproduksi remaja adalah isu penting dalam pendidikan kesehatan, terutama di tingkat sekolah menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web sebagai media pembelajaran biologi yang fokus pada edukasi kesehatan reproduksi remaja di SMAN 23 Bandung. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode Rapid Application Development (RAD), yang memungkinkan proses pengembangan dilakukan secara cepat dan iteratif. Tahapan dalam metode ini meliputi perencanaan, analisis kebutuhan, desain, pengembangan, uji coba, dan implementasi aplikasi. Pendekatan penelitian menggunakan kombinasi kualitatif dan kuantitatif (mixed method), di mana analisis kualitatif dilakukan untuk memahami kebutuhan pengguna melalui wawancara terbuka, sementara evaluasi kuantitatif dilakukan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) dengan melibatkan siswa, guru, dan alumni sebagai responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk analisis kebutuhan dan kuantitatif untuk evaluasi menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM). Responden penelitian adalah siswa, guru, dan alumni sekolah. Hasil menunjukkan bahwa aplikasi ini mudah digunakan dan efektif meningkatkan pengetahuan kesehatan reproduksi. Evaluasi dengan TAM menunjukkan penerimaan yang baik, dengan responden berniat menggunakan aplikasi secara rutin. Kesimpulannya, aplikasi ini dapat mendukung pembelajaran biologi secara efektif dan memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut dengan fitur interaktif tambahan.

Kata kunci: Kesehatan Reproduksi, Rapid Application Development, Media Pembelajaran Biologi, Teknologi Pembelajaran, TAM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: Users 170 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:51
Last Modified: 24 Sep 2024 02:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26710

Actions (login required)

View Item View Item