Search for collections on Undip Repository

EVALUASI PROGRAM TUBERKULOSIS PARU DENGAN STRATEGI DOTS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KABUPATEN PATI TAHUN 2024

PUSPITARANI, MARIA PUTRI (2024) EVALUASI PROGRAM TUBERKULOSIS PARU DENGAN STRATEGI DOTS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KABUPATEN PATI TAHUN 2024. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil dalam evaluasi program DOTS pada input, proses, dan output saling terkait dan memengaruhi satu sama lain. Dalam kasus penanggulangan TB di Kabupaten Pati, keterbatasan dana BOK serta kurangnya sarana dan prasarana menjadi faktor input utama yang tidak memadai. Ketidakcukupan ini berdampak langsung pada proses, di mana perencanaan program TB di Puskesmas sudah sesuai pedoman, tetapi perencanaan di Dinas Kesehatan masih bergantung pada anggaran yang ada, sehingga memengaruhi implementasi secara menyeluruh. Akibatnya, meskipun metode penemuan kasus sudah cukup baik, keterbatasan fasilitas dan dana menyebabkan pelaksanaan program tidak dapat berjalan secara optimal dan komprehensif. Dalam teori sistem, jika input terbatas dan proses tidak maksimal, maka output yang dihasilkan, yakni pencapaian target penemuan kasus TB, juga tidak akan tercapai sesuai yang diharapkan.
Simpulan : Untuk meningkatkan output, diperlukan peningkatan input berupa dana dan sarana yang memadai serta penguatan proses pelaksanaan program.

Kata kunci: Evaluasi; Tuberkulosis; Strategi DOTS; Input; Proses; dan Output

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: Users 170 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2024 07:59
Last Modified: 20 Sep 2024 07:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26682

Actions (login required)

View Item View Item