Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR PENENTU PERPINDAHAN MEREK PRODUK SMARTPHONE PADA MILENIAL DAN GENERASI Z DI INDONESIA

ARUM, Diatri Nimas (2024) ANALISIS FAKTOR PENENTU PERPINDAHAN MEREK PRODUK SMARTPHONE PADA MILENIAL DAN GENERASI Z DI INDONESIA. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
1._S___Cover___12010120140308.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010120140308.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010120140308.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010120140308.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010120140308.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010120140308.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di era teknologi digital yang semakin modern, penggunaan smartphone
telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masa kini. Perusahaan
smartphone berlomba-lomba untuk menciptakan berbagai jenis smartphone dengan
teknologi dan visual terbaik sesuai dengan versinya. Persaingan pasar smartphone
semakin ketat dan keras untuk mendapatkan perhatian dari dua segmen konsumen
dengan populasi terbanyak yaitu generasi Z dan Milenial. Perilaku perpindahan
merek telah menjadi perhatian utaman dalam pemasaran smartphone. Studi ini
berfokus untuk mengeksplorasi pola dan faktor-faktor penentu perpindahan merek
yang dilakukan oleh generasi Z dan milenial. Dengan mengkaji nilai konsumen,
kepercayaan merek, komitmen merek, kesesuaian citra diri, dan daya tarik alternatif
sebagai faktor penentu perpindahan merek, penelitain ini berupaya memberikan
wawasan dinamika loyalitas merek dan preferensi konsumen.
Pengambilan data dari penelitian ini dilakukan secara online menggunakan
Google Form yang melibatkan 215 responden dari generasi Z dan milenial yang
pernah melakukan pergantian merek dari Android ke iOS ataupun sebaliknya. Data
yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Model
(SEM) dengan aplikasi SmartPLS (Partial Least Square) versi 4.
Hasil penelitian menunjukan bahwa komitmen merek berpengaruh tidak
signifikan pada perpindahan merek smartphone oleh generasi Z dan milenial, akan
tetapi daya tarik alternatif mampu memediasi hubungan antara komitmen merek
terhadap perpindahan merek. Dalam penelitian ini juga mengungkapkan bahwa
komitmen merek berpengaruh pada kesesuaian citra diri. Seseorang atau individu
yang memiliki kesesuaian citra antara merek dan dirinya akan enggan melakukan
perpindahan merek. Temuan ini akan berkontribusi pada pemahaman yang lebih
mendalam tentang perilaku konsumen di pasar smartphone, membantu merek
merumuskan strategi efektif untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perpindahan Merek, Komitmen Merek, Kesesuaian Citra diri, Daya Tarik Alternatif, dan Industri Smartphone
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 18 Sep 2024 07:10
Last Modified: 18 Sep 2024 07:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26618

Actions (login required)

View Item View Item