DEVI, Tarissa Fortunata (2024) PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP EKUITAS MEREK PADA INDUSTRI FAST FOOD DI INDONESIA: PERAN MEDIASI DARI CINTA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
![]() |
Text (Cover)
1._S___Cover___12010120140269.pdf - Published Version Download (453kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010120140269.pdf - Published Version Download (511kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010120140269.pdf - Published Version Download (452kB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010120140269.pdf - Published Version Download (486kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010120140269.pdf - Published Version Download (615kB) |
![]() |
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010120140269.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Jumlah penggunaan internet dan media sosial yang terus meningkat
menciptakan persaingan yang ketat di berbagai industri, sehingga diperlukan
strategi pemasaran yang tepat. Pemasaran media sosial agar meningkatkan ekuitas
merek sebagai aset tidak berwujud yang memberikan nilai bagi organisasi ditengah
persaingan, sehingga dapat berpengaruh positif terhadap keunggulan kompetitif
berkelanjutan. Dalam era teknologi informasi dan globalisasi, gaya hidup dan pola
konsumsi masyarakat mengalami perubahan signifikan, terutama dalam munculnya
konsep fast food yang menawarkan penghidangan makanan praktis, efisien waktu,
dengan rasa dan harga terjangkau.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif
dengan melibatkan 200 responden dengan kriteria laki-laki atau perempuan, warga
negara Indonesia, dengan usia minimal 18 tahun, pengguna aktif media sosial,
pernah atau sedang mengikuti merek fast food di media sosial, dan pernah menjadi
konsumen fast food. Data ini kemudian di analisis dengan SEM (Structural
Equation Modelling) menggunakan program AMOS (Analysis Moment of
Structural).
Hasil penelitian menunjukkan pemaran media sosial berpengaruh positif dan
tidak signifikan terhadap ekuitas merek. Pemasaran media sosial berpengaruh
positif dan signifikan terhadap cinta merek dan kepercayaan merek, kemudian cinta
merek dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas
merek. Selain itu, cinta merek dan kepercayaan merek memiliki peran mediasi
dalam hubungan antara pemasaran media sosial dan ekuitas merek. Faktor paling
kuat yang mampu mempengaruhi ekuitas merek fast food di Indonesia adalah faktor
pemasaran media sosial yang mempengaruhi cinta merek dan kepercayaan merek
sebagai variabel mediasi dan berdampak pada ekuitas merek fast food di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Media Sosial, Ekuitas Merek, Cinta Merek, Kepercayaan Merek |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 07:09 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 07:09 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26541 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |