NADIRA, Alifia Teza (2024) PENGARUH VISUAL MERCHANDISING TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION DAN ACTUAL EXPENDITURE DENGAN KOGNISI DAN EMOSI KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. (Studi pada Outlet KKV DP Mall Semarang). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
![]() |
Text (Cover)
1._S___Cover___12010120140276.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010120140276.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010120140276.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010120140276.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010120140276.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010120140276.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bisnis retail di Indonesia semakin meningkat dari waktu ke waktu sehingga
membutuhkan strategi untuk bersaing di tengah perkembangan dunia pemasaran salah
satunya dengan menggunakan visual merchandising. Visual merchandising
memegang peranan penting dalam bisnis ritel diantaranya untuk meningkatkan
penampilan barang, promosi merek, meningkatkan lalu-lintas pembelian, dan
meningkatkan kepuasan visual dari bisnis. Salah satu perusahaan yang menerapkan
konsep visual merchandising KKV. Penelitian ini meneliti mengenai bagaimana
pengaruh visual merchandising terhadap behavioral intention dan actual expenditure
dengan kognisi dan emosi konsumen sebagai variabel interving. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menguji bagaimana pengaruh store layout, product display, colors and
lighting, cleanliness terhadap kognisi dan emosi serta menguji bagaimana pengaruh
kognisi dan emosi memediasi hubungan visual merchandising terhadap behavioral
intention dan actual expenditure. Terdapat pula variabel interving yang digunakan
yaitu kognisi dan emosi dari konsumen.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan data primer
yang diperoleh dari hasil survey melalui kuesioner. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan program SEM-PLS
dengan aplikasi SmartPLS 4.0. Studi ini dilakukan pada pengunjung Outlet KKV DP
Mall Semarang dengan menggunakan teknik sampel non-probability dan metode
purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat dimensi visual
merchandising yang diteliti, hanya warna dan pencahayaan serta kebersihan yang
berpengaruh signifikan terhadap kognisi dan emosi konsumen. Selanjutnya, kognisi
dan emosi konsumen terbukti memediasi pengaruh visual merchandising terhadap
niat perilaku dan pengeluaran aktual. Temuan ini memberikan wawasan bagi praktisi
bisnis ritel untuk mengoptimalkan strategi visual merchandising dalam meningkatkan
kinerja bisnis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | visual merchandising, behavioral intention, actual expenditure, kognisi, emosi, bisnis, retail. |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 02:32 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 02:32 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |