Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MUSTIKA RATU PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO

Aurelia, Berliana Zahra (2024) PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MUSTIKA RATU PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

Full text not available from this repository.

Abstract

Munculnya banyak brand kosmetik baru yang tanggap dalam menggunakan pemasaran digital secara intensif membuat persaingan bisnis di sektor kecantikan dan kosmetik Indonesia semakin ketat. Salah satu brand lokal yakni Mustika Ratu mengalami fluktuasi penjualan yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor termasuk pemanfaatan Kredibilitas Influencer dan Electronic Word of Mouth (eWOM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kredibilitas Influencer dan Electronic Word of Mouth (e-WOM) terhadap Keputusan Pembelian produk
Mustika Ratu. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini mencakup Kredibilitas Influencer, Electronic Word of Mouth (e-WOM), dan Keputusan Pembelian. Pemilihan responden dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 96 responden mahasiswa Universitas Diponegoro yang mengakses ulasan produk Mustika Ratu pada platform digital maupun ulasan oleh influencer dan pernah membeli produk Mustika Ratu. Data dikumpulkan melalui kuesioner kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kredibilitas Influencer berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, demikian pula Electronic Word of Mouth (e-WOM) memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian produk Mustika Ratu. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada Mustika Ratu untuk berkolaborasi dengan influencer, meningkatkan aktivitas media sosial, program yang membentuk konsumen menulis ulasan produk dan mendorong electronic word of mouth positif. Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Kredibilitas Influencer, electronic Word of Mouth (e-WOM)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Business Administration
Depositing User: Users 162 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2024 09:20
Last Modified: 10 Sep 2024 09:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26458

Actions (login required)

View Item View Item