Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN HIGIENE SANITASI DENGAN KONTAMINASI BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA DEPOT AIR MINUM DI KECAMATAN JATIASIH KOTA BEKASI

AMELIA, LOLA (2024) HUBUNGAN HIGIENE SANITASI DENGAN KONTAMINASI BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA DEPOT AIR MINUM DI KECAMATAN JATIASIH KOTA BEKASI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Air minum yang memenuhi standar kesehatan sangat penting bagi kebutuhan manusia, dan salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan ini adalah melalui teknologi air minum isi ulang. Depot air minum (DAM) berperan dalam mengolah air baku menjadi air minum yang layak konsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara higiene sanitasi dengan kontaminasi bakteri Escherichia coli pada DAM di Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melakukan pengukuran terhadap jumlah bakteri Escherichia coli pada depot air minum di Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, serta menganalisis dan mendeskripsikan kondisi higiene sanitasi tempat, peralatan, dan penjamah depot air minum di Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional, melibatkan 36 dari 53 unit DAM sebagai sampel yang dipilih secara acak dengan menggunakan metode simple random sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan pemeriksaan laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 36 sampel air minum, 15 sampel (41,7%) tidak memenuhi syarat kesehatan, sedangkan 21 sampel lainnya (58,3%) memenuhi syarat kesehatan. Selain itu, 21 unit DAM (58,3%) memiliki higiene sanitasi tempat yang kurang baik, 19 unit DAM (52,8%) memiliki higiene sanitasi peralatan yang kurang baik, dan 23 unit DAM (63,9%) memiliki higiene sanitasi penjamah yang kurang baik. Analisis statistik menunjukkan adanya hubungan antara higiene sanitasi tempat (p-value = 0,010), peralatan (p-value = 0,015), dan penjamah (p-value = 0,006) dengan kontaminasi bakteri Escherichia coli. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya menjaga higiene sanitasi pada depot air minum untuk memastikan kualitas air minum yang aman dikonsumsi.

Kata Kunci: Escherichia coli, Depot Air Minum, Higiene Sanitasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: Users 170 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2024 06:51
Last Modified: 06 Sep 2024 06:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26387

Actions (login required)

View Item View Item