Search for collections on Undip Repository

MUSEUM WAYANG SEMARANG DENGAN PENDEKATAN IMERSIF

NATHANIA SITANGGANG, OLIVIA (2024) MUSEUM WAYANG SEMARANG DENGAN PENDEKATAN IMERSIF. Undergraduate thesis, UNDIP.

[thumbnail of 01 Cover.pdf] Text
01 Cover.pdf - Submitted Version

Download (14kB)
[thumbnail of 03 Halaman Pengesahan.pdf] Text
03 Halaman Pengesahan.pdf - Submitted Version

Download (79kB)
[thumbnail of 05 Abstrak.pdf] Text
05 Abstrak.pdf - Submitted Version

Download (6kB)
[thumbnail of 11 Bab 1.pdf] Text
11 Bab 1.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[thumbnail of 12 Bab 2.pdf] Text
12 Bab 2.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[thumbnail of 13 Bab 3.pdf] Text
13 Bab 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[thumbnail of 14 Bab 4.pdf] Text
14 Bab 4.pdf - Submitted Version

Download (759kB)
[thumbnail of 15 Bab 5.pdf] Text
15 Bab 5.pdf - Submitted Version

Download (73kB)
[thumbnail of 16 Daftar Pustaka.pdf] Text
16 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (8kB)

Abstract

Kota Semarang merupakan ibu kota provinsi Jawa Tengah yang kaya akan warisan sejarah dan budaya yang potensial, oleh karena itu sungguh sayang apabila kota Semarang kehilangan warisan budaya sebagai bagian dari jati dirinya. Semarang telah mengalami rangkaian kejadian yang meninggalkan banyak warisan budaya. Salah satu budaya yang sudah mulai dilupakan adalah wayang. Wayang sebagai karya budaya nenek moyang bangsa Indonesia, berkembang sejak Indonesia pada zaman pra sejarah hingga Indonesia mencapai kemerdekaannya. Indonesia sendiri memiliki berbagai wayang dan berbagai daerah
salah satunya Jawa Tengah. Namun saat ini kesenian wayang mulai dilupakan, hal ini disebabkan karena pengaruh dari budaya luar. Akibat pengaruh tersebut, para remaja sekarang menganggap bahwa kesenian tradisional adalah budaya yang
ketinggalan jaman atau kuno. Di era saat ini, yakni generasi muda mendominasi sebagai populasi terbesar, mereka menjadi target utama dalam banyak aspek, termasuk dalam bidang
kebudayaan dan pendidikan. Sebagai generasi penerus, mereka memegang kunci masa depan, membawa bersama mereka potensi besar untuk mengubah dan membentuk dunia. Keterlibatan aktif mereka dalam pelestarian dan pengembangan
warisan budaya tidak hanya akan memastikan kelangsungan warisan itu, tetapi juga membantu dalam menciptakan sebuah masyarakat yang lebih berpengetahuan, inklusif, dan berbudaya
Melalui museum imersif, para pengunjung diharapkan dapat terinspirasi dan menjadikan sejarah nasional sebagai bagian dari sejarah personalnya. Wahana baru ini diharapkan dapat membuat pengunjung belajar dan mendapatkan pengetahuan budaya dengan cara yang menyenangkan. Dengan begitu, masyarakat
khususnya generasi muda dapat memiliki kesadaran dan pemahaman akan kekuatan budaya Indonesia.

Kata Kunci: Generasi Muda; Imersif ; Museum; Wayang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Engineering > Architecture Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Depositing User: Magister Arsitektur
Date Deposited: 14 Sep 2024 04:38
Last Modified: 14 Sep 2024 04:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26350

Actions (login required)

View Item View Item