Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Work-Study Conflict dan Student Engagement pada Mahasiswa Wirausaha di Universitas Diponegoro

Tobing, Angel Gabriela Josephine L. and Prihatsanti, Unika (2024) Hubungan antara Work-Study Conflict dan Student Engagement pada Mahasiswa Wirausaha di Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (223kB)

Abstract

Student engagement pada mahasiswa mengalami banyak perubahan setelah diterapkannya kurikulum Kampus Merdeka, terutama pada mahasiswa yang menjalani kuliah sembari berwirausaha. Penelitian ini ditujukan untuk melihat ada atau tidaknya hubungan antara work-study conflict dan student engagement pada mahasiswa wirausaha di Universitas Diponegoro. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelatif dengan teknik penentuan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Sampel penelitian berjumlah 126 sampel dengan karakteristik merupakan mahasiswa aktif S-1 dan D-4 di Universitas Diponegoro dan telah menjalani wirausaha lebih dari enam bulan. Alat ukur dalam penelitian ini adalah skala work-study conflict (30 aitem, α=0.908) dan skala university student engagement inventory (USEI) (22 aitem, α=0.851). Hasil pengambilan data yang dilakukan adalah didapatkan nilai r -0.523 (sig. p-value=0.001). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa terdapat korelasi negatif yang signifikan antara work-study conflict dan student engagement. Makna korelasi tersebut adalah semakin tinggi work-study conflict maka semakin rendah student engagement atau semakin rendah work-study conflict maka semakin tinggi student engagement.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:12
Last Modified: 05 Sep 2024 06:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26346

Actions (login required)

View Item View Item