Search for collections on Undip Repository

PENGARUH EMPATHY, RESPONSIVENESS, DAN ACCESSIBILITY TERHADAP KEPUASAN PEMOHON DENGAN PROFESSIONALISM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta)

NEGARA, Adam Satya (2024) PENGARUH EMPATHY, RESPONSIVENESS, DAN ACCESSIBILITY TERHADAP KEPUASAN PEMOHON DENGAN PROFESSIONALISM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
1._S___Cover___12010120140190.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010120140190.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010120140190.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010120140190.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010120140190.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010120140190.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pelayanan publik yang efektif dan memuaskan di sektor pemerintahan
memiliki peran krusial dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap
pemerintah dan dapat meningkatkan kualitas hidup warga negara. Meskipun ada
penelitian sebelumnya yang mengkaji pengaruh variabel-variabel ini secara
terpisah, penelitian yang lebih komprehensif tentang bagaimana variabel-variabel
yang berinteraksi dalam konteks pelayanan publik pemerintah, masih sangat
diperlukan penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisis hubungan
antara empati, responsivitas, dan aksesibilitas terhadap kepuasan pemohon dalam
pelayanan publik pemerintahan, dengan mempertimbangkan peran
profesionalisme sebagai variabel intervening.
Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 110 orang yang bekerja di
bidang administrasi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota
Surakarta, dengan margin of error 10% (10 responden). Dalam penelitian ini,
kuesioner digunakan dengan dua jenis pertanyaan: pertanyaan tertutup dan
terbuka. Pendekatan analisis data kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini
ialah Structural Equation Model (SEM) dengan software AMOS versi 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa responsiveness, accessibility dan
empathy memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap profesisonalism,
sedangkan professionalism, responsiveness, empathy dan accessibility memiliki
pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan pemohon. Implikasi dari hasil
penelitian menunjukan bahwa Accesbility memiliki pengaruh langsung terhadap
professionalism dan kepuasan pemohon, terdapat pengaruh tidak langsung yaitu
melalui variabel professionalism dengan accesbility, responsiveness, dan empathy
terhadap kepuasan pemohon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Empathy, Professionalism, Responsiveness, Accessibility, Kepuasan Pemohon
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:21
Last Modified: 05 Sep 2024 06:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26345

Actions (login required)

View Item View Item