Search for collections on Undip Repository

PELAYANAN HAK TANGGUNGAN ELEKTRONIK SEBAGAI UPAYA MODERNISASI PERTANAHAN DI KOTA SEMARANG (Studi di BPR Estetika Artha Guna). _PDT 2024

Novalyani, Genta Ramadhan and Dewi, I Gusti Ayu Gangga Santi and Ardani, Mira Novana (2024) PELAYANAN HAK TANGGUNGAN ELEKTRONIK SEBAGAI UPAYA MODERNISASI PERTANAHAN DI KOTA SEMARANG (Studi di BPR Estetika Artha Guna). _PDT 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[thumbnail of GENTA RAMADHAN NOVALYANI - cover.pdf] Text
GENTA RAMADHAN NOVALYANI - cover.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of GENTA RAMADHAN NOVALYANI - abstrak.pdf] Text
GENTA RAMADHAN NOVALYANI - abstrak.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of GENTA RAMADHAN NOVALYANI - bab 1.pdf] Text
GENTA RAMADHAN NOVALYANI - bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[thumbnail of GENTA RAMADHAN NOVALYANI - bab 2.pdf] Text
GENTA RAMADHAN NOVALYANI - bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[thumbnail of GENTA RAMADHAN NOVALYANI - bab 3.pdf] Text
GENTA RAMADHAN NOVALYANI - bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[thumbnail of GENTA RAMADHAN NOVALYANI - bab 4.pdf] Text
GENTA RAMADHAN NOVALYANI - bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[thumbnail of GENTA RAMADHAN NOVALYANI - dapus.pdf] Text
GENTA RAMADHAN NOVALYANI - dapus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penerapan layanan HT-el di BPR Estetika Artha Guna Kota Semarang
dimulai pada bulan pertengahan tahun 2020 dengan penyesuaian bertahap sesuai ketentuan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Nomor 5 Tahun 2020. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional memastikan bahwa implementasi kebijakan HT-el memenuhi standar prosedur dan mekanisme yang diatur dalam ketentuan yang berlaku.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme pelayanan hak tanggungan secara elektronik di BPR Estetika Artha Guna Kota Semarang apakah pelayanan tersebut telah mencerminkan upaya modernisasi pelayanan pertanahan di kota Semarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan spesifikasi deskriptif-analitis. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Data dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif dengan langkah-langkah
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem hak tanggungan elektronik (HT-el) di BPR Estetika Artha Guna telah berhasil meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan transparansi dalam proses pendaftaran hak tanggungan. Proses yang sebelumnya dilakukan secara manual kini dapat dilakukan secara online, mengurangi waktu tunggu dan biaya serta meningkatkan akurasi dan keamanan data. Sistem ini juga mempermudah koordinasi antara berbagai pihak yang terlibat dalam proses pendaftaran hak tanggungan. Kesimpulannya, pelayanan hak tanggungan secara elektronik di BPR Estetika Artha Guna merupakan salah satu bentuk modernisasi pelayanan pertanahan di Kota Semarang. Implementasi
HT-el tidak hanya mempermudah administrasi dan meningkatkan kepastian hukum, tetapi juga menunjukkan komitmen BPR Estetika Artha Guna dalam beradaptasi dengan perkembangan teknologi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat
Kata Kunci: Hak Tanggungan Elektronik, Modernisasi, Pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hak Tanggungan Elektronik, Modernisasi, Pelayanan
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:18
Last Modified: 05 Sep 2024 06:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26342

Actions (login required)

View Item View Item