AFIQAH WAHDANIA, NURUL (2024) DESIGN OF AN INTERNATIONAL SCHOOL BASED ON A CLASS MOVEMENT IN SEMARANG. Undergraduate thesis, UNDIP.
Text
01. Cover_Nurul Afiqah Wahdania_21020120140158.pdf - Submitted Version Download (107kB) |
|
Text
03. Halaman Pengesahan_Nurul Afiqah Wahdania_21020120140158.pdf - Submitted Version Download (528kB) |
|
Text
05. Abstrak_Nurul Afiqah Wahdania_21020120140158.pdf - Submitted Version Download (97kB) |
|
Text
11. Bab I_Nurul Afiqah Wahdania_21020120140158.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
|
Text
12. Bab II_Nurul Afiqah Wahdania_21020120140158.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
Text
13. Bab III_Nurul Afiqah Wahdania_21020120140158.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
14. Bab IV_Nurul Afiqah Wahdania_21020120140158.pdf - Submitted Version Download (174kB) |
|
Text
15. Bab V_Nurul Afiqah Wahdania_21020120140158.pdf - Submitted Version Download (176kB) |
|
Text
16. Bab VI_Nurul Afiqah Wahdania_21020120140158.pdf - Submitted Version Download (95kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka_Nurul Afiqah Wahdania_21020120140158.pdf - Submitted Version Download (97kB) |
Abstract
Perancangan sekolah dasar dengan menggunakan sistem moving class sebagai dasar dalam desain dengan menghadirkan konsep baru dalam pembentukan lingkungan pembelajaran yang adaptif dan dinamis. Moving class sekarang ini menjadi salah satu metode pembelajaran yang digunakan untuk menumbuhkan motivasi belajar para peserta didik. Dalam sistem pembelajaran ini peserta didik berpindah menuju ruang - ruang kelas lainnya di setiap pergantian subjek, memberikan suasana dan pengalaman belajar yang beragam sehingga meningkatkan produktivitas dan mengurangi kejenuhan peserta didik, sistem pembelajaran ini juga membuka peluang besar para peserta didik untuk saling
berinteraksi dengan lebih intens. Pada perancangan sekolah dasar internasional ini, pergerakan/perpindahan siswa pada saat “moving class” menjadi pusat fokus dalam mendesain. pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, observasi melalui video blog, dan wawancara. Bedasarkan hasil analisa yang telah dilakukan ditemukan adanya pola pergerakan dan pola ruang yang sama di tiap sekolah dasar internasional di dunia, sehingga aspek-aspek inilah yang digunakan sebagain basis dalam menciptakan lingkungan belajar yang berdampak positif bagi peserta didiknya.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Moving class
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Engineering > Architecture Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering |
Depositing User: | Magister Arsitektur |
Date Deposited: | 14 Sep 2024 04:38 |
Last Modified: | 14 Sep 2024 04:39 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26321 |
Actions (login required)
View Item |