Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN KEPERCAYAAN MEREK DAN EKUITAS MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pelanggan Domino’s Pizza di Kota Semarang)

MA’ARIF, Fatkhul (2024) PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN KEPERCAYAAN MEREK DAN EKUITAS MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pelanggan Domino’s Pizza di Kota Semarang). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
1._S___Cover___12010120130222.pdf - Published Version

Download (257kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010120130222.pdf - Published Version

Download (210kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010120130222.pdf - Published Version

Download (262kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010120130222.pdf - Published Version

Download (332kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010120130222.pdf - Published Version

Download (308kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010120130222.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mengalami kemajuan yang semakin
pesat. Strategi pemasaran dan media yang tepat digunakan untuk dapat menjangkau
pasar yang dituju sehingga volume penjualan dan keuntungan selalu meningkat.
Perusahaan harus mencari cara untuk meningkatkan pemasaran mereka dan salah
satu strategi yang dapat digunakan adalah pemasaran media sosial. Penggunaan
media sosial yang tinggi oleh masyarakat membuat pemasaran melalui media sosial
menjadi salah satu strategi yang efektif dan berbiaya rendah bagi perusahaan untuk
mencapai tujuannya. Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa pemasaran media
sosial memberi dampak positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, namun pada
kenyataannya, Domino’s Pizza yang gencar melakukan pemasaran media sosial
masih berada pada peringkat dibawah Pizza Hut, menurut Top Brand Index (2023).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemasaran media
sosial terhadap loyalitas merek melalui kepercayaan merek dan ekuitas merek
sebagai variabel mediasi pada konsumen Domino’s Pizza di Kota Semarang.
Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 144 responden yang
dipilih dengan metode purposive sampling dan metode pengumpulan data yang
digunakan adalah menyebar kuesioner secara online. Data yang telah diperoleh
dianalisis secara kuantitatif dengan menerapkan metode Structural Equation Model
(SEM) dengan AMOS versi 24 sebagai alat pengolahan data.
Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran media
sosial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas merek.
Pemasaran media sosial diketahui memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap kepercayaan merek, dan ekuitas merek. Kepercayaan merek dan ekuitas
merek ditemukan berhubungan positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemasaran media sosial, kepercayaan merek, ekuitas merek, dan loyalitas merek.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:46
Last Modified: 03 Sep 2024 07:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26281

Actions (login required)

View Item View Item