KIRANA, Firda Rozza Ika (2024) ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI E-COMMERCE DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Somethinc di Kota Semarang). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
![]() |
Text (Cover)
1._S___Cover___12010120120023.pdf - Published Version Download (220kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010120120023.pdf - Published Version Download (210kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010120120023.pdf - Published Version Download (211kB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010120120023.pdf - Published Version Download (320kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010120120023.pdf - Published Version Download (377kB) |
![]() |
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010120120023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi di Indonesia memiliki pengaruh besar terhadap
perkembangan ekonomi salah satunya mempermudah kegiatan jual-beli dengan
menggunakan e-commerce. E-commerce membantu konsumen untuk membeli
produk tanpa harus datang ke toko secara langsung dan juga membantu perusahaan
untuk memasarkan produknya. Salah satu perusahaan yang memasarkan produknya
melalui e-commerce adalah Somethinc. Somethinc memproduksi berbagai macam
produk yang berguna untuk mengatasi permasalahan wajah, kulit dan rambut.
Dalam dunia pemasaran celebrity endorsement sering digunakan sebagai strategi
untuk meyakinkan calon konsumen. Selain itu online customer review dan service
quality juga berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen untuk membeli produk
yang ditawarkan.
Penelitian ini dilakukan terhadap 138 responden yang merupakan konsumen
Somethinc di Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan non
probability sampling dengan purposive sampling yang mana data dikumpulkan
melalui hasil kuesioner google form yang memiliki skala likert 1-7. Data yang telah
terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM)
dengan alat analisis AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity
endorsement berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap trust. Selain itu
ditemukan bahwa online customer review dan service quality berpengaruh positif
dan signifikan terhadap trust. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa trust tidak
mampu memediasi celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian. Tetapi
trust memediasi pengaruh antara online customer review dan service quality
terhadap keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | celebrity endorsement, online customer review, service quality, trust dan keputusan pembelian. |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 07:16 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 07:16 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |