RAYHAN, MUHAMMAD (2024) TRANSIT HUB DI STASIUN TAWANG SEMARANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR INFILL. Undergraduate thesis, UNDIP.
![]() |
Text
01. Cover.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
03. Halaman Pengesahan.pdf - Submitted Version Download (251kB) |
![]() |
Text
05. Abstrak.pdf - Submitted Version Download (45kB) |
![]() |
Text
11. Bab 1.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
![]() |
Text
12. Bab 2.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
![]() |
Text
13. Bab 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
Abstract
Jumlah penumpang masuk dan keluar Stasiun Tawang yang sangat tinggi tiap tahunnya, fenomena tingginya mobilitas yang terjadi di Stasiun Tawang dan tidak ada nya akses masuk transportasi umum untuk menjangkau langsung Stasiun
Tawang, perencanaan kedepan Stasiun Tawang dengan adanya LRT di Stasiun Tawang akan menimbulkan kelebihan mobilitas di stasiun tawang. Dibutuhkannya wadah untuk menampung kapasitas di Stasiun Tawang yang terbilang selalu padat, diperlukan bangunan yang dapat dijadikan sebagai tempat transit untuk penumpang Stasiun Tawang Semarang, diperlukan bangunan yang mampu menarik minat wisatawan. Diatasi dengan merencanakan dan merancang Transit Hub di Stasiun Tawang Semarang dengan Pendekatan Arsitektur Infill. Tujuan
dari rancangan ini adalah dapat mencipatakan inovasi perancangan Transit Hub dengan pendekatan arsitektur infill yang terintegrasi dengan moda transportasi lain seperti BRT, kereta api dan angkutan umum sehingga dapat mengurangi
kemacetan lalu lintas khususnya dalam kota dari arah Semarang. Metode yang digunakan dalam pembahasan ini adalah deskriptif, yaitu pengumpulan, penyajian, sintesis dan analisis data untuk sampai pada suatu pendekatan perencanaan dan perancangan program yang selanjutnya dapat digunakan dalam penyusunan program dan konsep dasar perencanaan dan perancangan. Pada
perancangan Transit Hub di Stasiun Tawang Semarang yang direncanakan, desain bangunan menggunakan pendekatan desain arsitektur infill. Hal ini karena pendekatan desain arsitektur infill adalah metode mendirikan bangunan dengan mengisi small gap pada wilayah yang sekelilingnya terdapat bangunan eksisting
dan menitikberatkan pada keselarasan antara hasil rancangan dan lingkungan sekitar, terlebih bangunan stasiun tawang merupakan bangunan heritage yang patut dipertahankan eksistingnya. Pendekatan desain arsitektur infill mencakup banyak aspek, termasuk konsep konservasi kawasan bersejarah, pendekatan
kontekstual, dan penggunaan parameter elemen-elemen visual bangunan sekitar, seperti proporsi, fasad, komposisi, dan garis sempadan bangunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Engineering > Architecture Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering |
Depositing User: | Magister Arsitektur |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 04:28 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 04:28 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26257 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |