Search for collections on Undip Repository

STRATEGI PERENCANAAN ATRAKSI WISATA GRAND MAERAKACA KOTA SEMARANG

Fajdhiya, Vheebi Alda Nisriinaa (2024) STRATEGI PERENCANAAN ATRAKSI WISATA GRAND MAERAKACA KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[thumbnail of Full Laporan Tugas Akhir_Vheebi Alda Nisriinaa Fajdhiya_40030619650065.pdf] Text
Full Laporan Tugas Akhir_Vheebi Alda Nisriinaa Fajdhiya_40030619650065.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Provinsi Jawa Tengah merupakan menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang berpotensi
untuk mengembangkan pariwisata di daerahnya. Kota Semarang terdapat objek wisata buatan
Grand Maerakaca yang dikelola langsung oleh Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan
(PRPP) Jawa Tengah. Grand Maerakaca menawarkan sejumlah objek wisata yang menjadi daya
tarik pengunjung. Namun, masih kurangnya upaya dari Pemerintah daerah yang belum
maksimal untuk mendorong masyarakat berkunjung, di lihat dari sepinya pengunjung. Adapun
tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi perencanaan atraksi wisata
Grand Maerakaca Kota Semarang. Analisis yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu alat
analisis SWOT yang berfungsi untuk strategi perencanaan wisata Grand Maerakaca
menghasilkan strategi S-W: program membership dan cashless di loket tiket, membangun
kembali anjungan Kabupaten Temanggung dan perbaikan anjungan Kabupaten Banjarnegara,
perawatan dan pemasangan spot wifi gratis di Jateng Science Center, pujasera, angkringan;
strategi O-T: renovasi dan dan perawatan atraksi yang kurang terawat yaitu pada astro jet, merry
go round., bekerjasama dengan merchant atau UMKM untuk penjualan souvenir, menyediakan
gerai tarik tunai atau menfasilitasi penjual di kawasan wisata untuk mendapatkan layanan
QRIS; strategi S-T: menetapkan harga bersaing dan membership dengan tarif yang lebih
terjangkau pada loket tiket; strategi O-W: kerja sama dengan koperasi dan UMKM untuk
mendirikan booth khusus souvenir dan toko oleh-oleh pada anjungan dan pujasera,
pembangunan kembali anjungan Kabupaten Temanggung pada atraksi wisata anjungan.
Analisis daya tarik wisata yang berfungsi untuk mengetahui kebersihan, kenyamanan dan
keamanan pada tiap atraksi wisata, analisis daya tarik wisata menghasilkan kebersihan,
kenyamanan dan keamanan pada tiap atraksi wisata. Hasil akhir dalam penelitian ini adalah
peta strategi perencanaan wisata atraksi Grand Maerakaca Kota Semarang.
Kata Kunci: pariwisata, perencanaan, strategi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pariwisata, perencanaan, strategi
Subjects: Engineering
Engineering > Urban and Regional Planning
Divisions: School of Vocation > Diploma in Urban and Regional Planning
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:09
Last Modified: 02 Sep 2024 07:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26234

Actions (login required)

View Item View Item