Aisha, Grizelda Soefa (2024) PENGARUH KONSEP NEIGHBORHOOD UNIT DALAM MENDUKUNG MINAT BERJALAN KAKI DI KAWASAN PERUMAHAN TLOGOSARI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO; FAKULTAS TEKNIK.
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak Grizelda.pdf Download (76kB) |
Abstract
Konsep Neighborhood Unit pertama kali diperkenalkan oleh Clarence A. Perry pada
tahun 1929 dengan tujuan untuk memecahkan masalah transportasi di sebagian besar pusat kota
dan kawasan perumahan (Azmi & Karim, 2012). Konsep ini mempromosikan masyarakat untuk
lebih sering berjalan kaki daripada menggunakan kendaraan bermotor di lingkungan
perumahannya. Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) menjelaskan bahwa
mode share untuk kendaraan bermotor di Indonesia adalah sebesar 80% yang berarti penggunaan
kendaraan bermotor sebagai moda transportasi untuk mencapai tempat tujuan masih
mendominasi. Hal ini juga berlaku di Kota Semarang yang mengakses lingkungan perumahan
dengan kendaraan bermotor yang dapat menyebabkan masyarakat tidak terlalu berminat berjalan
kaki. Oleh karena itu, perlu adanya pembatasan penggunaan kendaraan bermotor dan lebih
menggalakkan kegiatan berjalan kaki setidaknya di dalam lingkungan perumahan. Konsep
Neighborhood Unit merupakan salah satu konsep perencanaan yang cocok untuk mengatasi
masalah-masalah tersebut. Ditambah saat ini juga mulai bermunculan Konsep Neighborhood
Unit yang berkelanjutan yang memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Engineering Engineering > Urban and Regional Planning |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning |
Depositing User: | nurohmi pwk |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 03:48 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 03:48 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |