HANANTI, LUTHFIA (2024) MONTESSORI ARCHITECTURE : JAKARTA NEURODIVERSITY CHILDREN DEVELOPMENT FACILITY. Masters thesis, Undip.
![]() |
Text
01 cover.pdf - Submitted Version Download (180kB) |
![]() |
Text
03 halaman pengesahan.pdf - Submitted Version Download (329kB) |
![]() |
Text
05 abstrak.pdf - Submitted Version Download (46kB) |
![]() |
Text
11 Bab I.pdf - Submitted Version Download (235kB) |
![]() |
Text
12 Bab II.pdf - Submitted Version Download (714kB) |
![]() |
Text
13 Bab III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
14 Bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
![]() |
Text
15 Bab V.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
16 Bab VI.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
17 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (119kB) |
Abstract
Arsitektur Montessori : Fasilitas Tumbuh-Kembang Anak Neurodiversitas adalah sebuah proyek karya Tugas Akhir arsitektur yang pemilihan judulnya didasarkan pada isu yang berkaitan dengan anak neurodivergent dan ketimpangan yang didapatkan dalam hal pemenuhan kebutuhan tumbuh-kembangnya dalam
sebuah fasilitas sekolah. Hal ini nantinya akan dijawab berdasarkan sebuah metode pendidikan yang berlandaskan sebuah riset pendidikan terhadap anak neurodivergent yang ternyata telah menjadi populer dan memberikan banyak pengaruh baik bagi tumbuh-kembang anak. Fasilitas tumbuh-kembang anak di sini
akan difokuskan kepada bidang perkembangan anak usia dini yang difasilitasi pada sebuah tipologi bangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta perkembangan anak usia Sekolah Dasar (SD). Nantinya fasilitas ini akan memfasilitasi semua anak
dengan keberagaman neuron untuk mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengembangkan dirinya sesuai dengan potensi dan kecenderungan dirinya sebagai manusia yang terus ingin tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang utuh.
Fasilitas ini akan dibangun di Jakarta pada sebuah area kompleks sekolah di Jalan Budi Utomo. Nantinya Arsitektur Montessori ini direspons sesuai dengan ketentuan kontekstual karena pada dasarnya pola-pola arsitektur ini sangat aplikatif pada
semua konteks perancangan di dunia. Hal ini dikarenakan arsitektur Montessori berpedoman pada pemenuhan kebutuhan siswa berdasarkan bidang perkembangan bukan berdasarkan lokasi perancangan sehingga mudah diadaptasikan ke beberapa
kondisi konteks. Pola-pola ini nantinya akan diartikulasikan menjadi prinsip dan elemen desain yang sesuai dengan kebutuhan tumbuh-kembang anak.
Kata Kunci : Montessori, Neurodiversitas, Neurodivergent, Arsitektur Montessori
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Engineering > Architecture Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering |
Depositing User: | Magister Arsitektur |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 02:55 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 02:55 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |