Cahyantari, Adelia Damai and Perdani, Nur'aini (2024) Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Telegram Sebagai Pendidikan Pemakai Di Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
COVER - ABSTRAK.pdf - Accepted Version Download (574kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Accepted Version Download (169kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf - Accepted Version Download (78kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf - Accepted Version Download (218kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (587kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (17kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (110kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai hubungan pemanfaatan media sosial Telegram sebagai pendidikan pemakai di Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. Tujuan penelitian ini ialah untuk hubungan pemanfaatan media sosial Telegram sebagai pendidikan pemakai di Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. Penggunaan aplikasi Telegram menggunakan teori dari pemanfaatan media sosial oleh Chen (2013) dan teori pendidikan pemakai perpustakaan oleh Malakar (2014). Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan analisis deskriptif. Metode penentuan sampel probability sampling dengan sampel 122 orang dari anggota grup Telegram perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini memperoleh hasil mean tertinggi sebesar 4,38 pada indikator knowledge sharing dan mean terendah sebesar 3,68 pada indikator communication dalam variabel pemanfaatan media sosial. Pada variabel pendidikan pemakai perpustakaan memperoleh hasil mean tertinggi sebesar 4,18 pada indikator library orientation dan mean terendah sebesar 4,05 pada indikator bibliographic instructions. Sehingga, pada penelitian ini menghasilkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,908 yang menujukan bahwa terdapat hubungan positif yang kuat. Kemudian nilai signifikansi yang diperoleh adalah sebesar 0,000, yang mana kurang dari 5% atau 0,05. Hal ini menujukan bahwa pemanfaatan media sosial Telegram sebagai pendidikan pemakai memiliki hubungan yang positif yang kuat serta signifikansi searah dengan tingkat efektivitas sebesar 82,61% yang masuk dalam kategori sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Silahkan menghubungi Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya jika membutuhkan file ini. |
Uncontrolled Keywords: | pendidikan pemakai; Pepustakaan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang; Perpustakaan Perguruan Tinggi; Telegram |
Subjects: | Humanities |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Library Science |
Depositing User: | Ilmu Perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 03:45 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 03:45 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |