Search for collections on Undip Repository

IMPLIKASI HUKUM BERLAKUNYA KERAHASIAAN INFORMASI BAGI KONSUMEN ANTARA UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DENGAN UNDANG - UNDANG NO. 30 TAHUN 2000 TENTANG RAHASIA DAGANG. _234 Dagang 2024

ABHINAYA, FARREL IZZA and Njatrijani, Rinitami and Saptono, Hendro (2024) IMPLIKASI HUKUM BERLAKUNYA KERAHASIAAN INFORMASI BAGI KONSUMEN ANTARA UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DENGAN UNDANG - UNDANG NO. 30 TAHUN 2000 TENTANG RAHASIA DAGANG. _234 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[thumbnail of Farrel Izza Abhinaya_cover.pdf] Text
Farrel Izza Abhinaya_cover.pdf

Download (902kB)
[thumbnail of Farrel Izza Abhinaya_abstrak.pdf] Text
Farrel Izza Abhinaya_abstrak.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of Farrel Izza Abhinaya_bab 1.pdf] Text
Farrel Izza Abhinaya_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[thumbnail of Farrel Izza Abhinaya_bab 2.pdf] Text
Farrel Izza Abhinaya_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[thumbnail of Farrel Izza Abhinaya_bab 3.pdf] Text
Farrel Izza Abhinaya_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[thumbnail of Farrel Izza Abhinaya_bab 4.pdf] Text
Farrel Izza Abhinaya_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[thumbnail of Farrel Izza Abhinaya_dapus.pdf] Text
Farrel Izza Abhinaya_dapus.pdf

Download (495kB)

Abstract

Pengaturan mengenai berlakunya kerahasiaan informasi menjadi hal yang penting khususnya bagi konsumen, dimana konsumen merupakan pihak yang seringkali merasa dirugikan karena serba tertutup terkait dengan barang ataupun produk yang dibelinya. Hal ini sejalan dengan pengaturan yang ada di dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dimana
konsumen berhak untuk memiliki hak atas informasi yang benar dan jelas, serta sejalan dengan asas keterbukaan dan tujuan yang ada di dalamnya. Namun, hal ini bertolak belakang dengan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang dimana informasi harus dijaga kerahasiaannya karena memiliki nilai ekonomis yang berharga bagi pemiliknya. Sehingga terjadi benturan norma diantara keduanya terkait dengan kerahasiaan informasi.
Oleh karenanya, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan bagaimana benturan norma yang terjadi diantara Undang-Undang Perlindungan Konsumen serta akibat hukumnya bagi konsumen apabila terdapat kasus tentang konflik norma tersebut. Penelitian ini disusun dengan menggunakan
metode yuridis normatif dengan menggunakan metode pengumpulan studi kepustakaan dan peraturan perundang-undangan yang terkait. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penyelesaian benturan norma dalam peraturan perundang-undangan menggunakan asas hukum serta dalam hal konsumen secara nyata merasa dirugikan terhadap informasi yang bersifat rahasia dapat mengungkapkan rahasia dagang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Kata Kunci : Kerahasiaan Informasi, Konsumen, Rahasia Dagang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kerahasiaan Informasi, Konsumen, Rahasia Dagang
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 06 Nov 2024 06:13
Last Modified: 06 Nov 2024 06:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26092

Actions (login required)

View Item View Item