Dewi, Irva Nunu Afika and Dewi, Athanasia Octaviani Puspita (2024) Pengaruh Sikap Asertif Pustakawan terhadap Kepuasan Pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Cover-Abstrak.pdf - Accepted Version Download (573kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Accepted Version Download (124kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf - Accepted Version Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf - Accepted Version Download (284kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (624kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (95kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (111kB) |
Abstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pemustaka yaitu sikap pustakawan dalam memberikan pelayanan. Dengan kemampuan komunikasi menggunakan sikap asertif dapat meningkatkan kepercayaan pemustaka yang dapat berakibat meningkatnya persepsi positif bagi pustakawan di mata pemustaka. Skripsi berjudul “Pengaruh Sikap Asertif Pustakawan terhadap Kepuasan Pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Semarang” bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari sikap asertif pustakawan terhadap kepuasan pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Semarang berdasarkan 5 indikator ciri-ciri sikap asertif oleh Lange & Jakubowski dan 5 indikator kepuasan pelanggan oleh Parasuraman et al. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 226.780 pemustaka dengan sampel sebanyak 347 responden yang ditentukan berdasarkan tabel Isaac dan Michael dan menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif sebesar <0,001 antara sikap asertif pustakawan terhadap kepuasan pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Semarang. Hasilnya didapatkan nilai signifikan α < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak karena diperoleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. Dan didapatkan nilai thitung sebesar 11,036 yang berarti lebih besar dari ttabel sebesar 1,966. Maka dapat disimpulkan bahwa sikap asertif pustakawan berpengaruh positif terhadap kepuasan pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Silahkan menghubungi Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya jika membutuhkan file ini. |
Uncontrolled Keywords: | sikap asertif; kepuasan pemustaka; perpustakaan |
Subjects: | Humanities |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Library Science |
Depositing User: | Ilmu Perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 07:42 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 07:42 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26084 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |