Search for collections on Undip Repository

Hubungan Konsep Diri terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Angkatan 2020 sebagai Calon Pustakawan

Utama, Zahra Dzahabiyya and Jumino, Jumino (2024) Hubungan Konsep Diri terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Angkatan 2020 sebagai Calon Pustakawan. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hubungan konsep diri terhadap kepercayaan diri mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro angakatan 2020 sebagai calon pustakawan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan konsep diri terhadap kepercayaan diri mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro angkatan 2020 sebagai calon pustakawan berdasarkan 3 indikator teori konsep diri oleh James F. Calhoun dan Joan Ross Acocella (1990) dan 4 indikator teori Kepercayaan diri oleh Peter Lauster (1999). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 143 mahasiswa dengan sampel sebanyak 92 responden. Analisis data menggunakan analisis korelasi dengan hasil penelitian yang menunjukan bahwa terdapat korelasi positif yang sangat kuat dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,681 antara konsep diri dengan kepercayaan diri Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro angkatan 2020. Adapun hasil koefisien korelasi Pearson Product-Moment Correlation 0,000, yang mana kurang dari 0,05. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, serta dapat korelasi yang signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa konsep diri memberikan hubungan terhadap kepercayaan diri mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro angkatan 2020 sebagai calon pustakawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Silahkan menghubungi Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya jika membutuhkan file ini.
Uncontrolled Keywords: konsep diri; kepercayaan diri mahasiswa; profesi pustakawan
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Library Science
Depositing User: Users 211 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:02
Last Modified: 03 Sep 2024 08:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26078

Actions (login required)

View Item View Item