Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING, SERVICE QUALITY, DAN PERCEIVED PRICE TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada McDonald’s di Kota Semarang)

AZZAHRA, Safina Audria (2024) ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING, SERVICE QUALITY, DAN PERCEIVED PRICE TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada McDonald’s di Kota Semarang). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Full text not available from this repository.

Abstract

Industri makanan dan minuman di Indonesia saat ini telah mengalami
peningkatan setelah sempat turun karena pandemi. Oleh karena itu, persaingan pada
industri ini pun semakin ketat. Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan oleh para
pelaku usaha untuk memenangkan persaingan yang ada, seperti pengalaman
konsumen saat melakukan pembelian, kualitas layanan yang diberikan perusahaan,
harga yang diberikan. Hal – hal yang telah disebutkan tentu dapat memengaruhi puas
atau tidaknya konsumen dalam melakukan pembelian, serta menentukan minat
mereka untuk melakukan pembelian kembali atau tidak.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan peran Experiential
Marketing, Service Quality, dan Perceived Price terhadap Minat Beli Ulang dengan
Kepuasan Konsumen sebagai variabel intervening (studi pada McDonald’s di Kota
Semarang). Pengambilan data dari penelitian ini melibatkan 154 responden dengan
kriteria pernah melakukan pembelian pada gerai McDonald’s yang ada di Kota
Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode Non-Probability Sampling dengan cara
purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Structural Equation Model (SEM) dengan program Analysis of Moment Structure
(AMOS) 24 yang telah melalui uji asumsi klasik.
Temuan pada penelitian ini berhasil membuktikan bahwa experiential
marketing, service quality, dan perceived price memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selain itu, experiential marketing, service
quality, dan perceived price juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan
terhadap minat beli ulang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan,
pengaruh perceived price terhadap kepuasan konsumen memiliki tingkat signifikansi
paling tinggi, diikuti dengan pengaruh kepuasan konsumen terhadap minat beli ulang.
Implikasi manajerial yang dapat diterapkan oleh McDonald’s adalah dengan
menggunakan penelitian ini sebagai pertimbangan mereka saat ingin meningkatkan
minat beli ulang konsumen mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Experiential Marketing, Service Quality, Perceived Price, Kepuasan Konsumen, Minat Beli Ulang
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Users 243 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:06
Last Modified: 28 Aug 2024 02:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26069

Actions (login required)

View Item View Item