Search for collections on Undip Repository

PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI DAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA KONSENSUAL TERHADAP KELEKATAN ORANG TUA-ANAK PADA KELUARGA LONG DISTANCE MARRIAGE

Priastuti, Nadia Zulfa (2024) PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI DAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA KONSENSUAL TERHADAP KELEKATAN ORANG TUA-ANAK PADA KELUARGA LONG DISTANCE MARRIAGE. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi merupakan aspek yang paling penting dalam menjaga keharmonisan hubungan satu sama lain terutama keluarga yang mengalami pernikahan jarak jauh. Meningkatnya jumlah pekerja TKI yang bekerja di luar negeri mengakibatkan meningkatnya keluarga yang mengalami pernikahan jarak jauh atau long distance marriage. Hal ini dapat mempengaruhi hubungan orang tua dan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh dari intensitas komunikasi dan pola komunikasi keluarga terhadap kelekatan orang tua-anak pada keluarga long distance marriage. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah attachment theory dan family communication patterns theory. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability dan purposive dengan jumlah 96 responden dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang dihasilkan kemudian diuji menggunakan teknik uji regresi linier sederhana. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa intensitas komunikasi dapat menjelaskan sebesar 33,4% dengan besaran pengaruh sebesar 0,839 dan pola komunikasi keluarga konsensual dapat menjelaskan sebesar 21,5% dengan besaran pengaruh sebesar 0,546 terhadap kelekatan orang tua dan anak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi intensitas komunikasi, maka semakin tinggi pula kelekatan orang tua dan anak. Semakin tinggi pola komunikasi keluarga konsensual, maka semakin tinggi pula kelekatan orang tua dan anak. Penulis menyarankan agar orang tua yang mengalami long distance marriage (LDM) diharapkan dapat menjalin komunikasi yang lebih sering dan terbuka dengan anaknya sehingga anak akan merasa lebih aman dan percaya terhadap orang tuanya. Selain itu, penulis menyarankan untuk keluarga yang mengalami LDM dapat menerapkan pola komunikasi keluarga konsensual agar dapat mempertahankan suasana rumah yang hangat, penuh kasih sayang, dan saling mendukung walaupun mereka terpisah secara fisik.
Keyword: Intensitas Komunikasi, Pola Komunikasi Keluarga, Kelekatan Orang Tua dan Anak, Long Distance Marriage.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Users 162 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2024 09:07
Last Modified: 27 Aug 2024 09:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26052

Actions (login required)

View Item View Item