Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Resiliensi pada Mahasiswa Perantau Tahun Pertama di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro

Faisa, Fauziah Nurul and Ariati, Jati (2024) Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Resiliensi pada Mahasiswa Perantau Tahun Pertama di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahasiswa perantau tahun pertama di perguruan tinggi sering menghadapi tantangan psikososial yang kompleks. Oleh sebab itu, penting bagi mereka untuk memiliki kemampuan diri yang memungkinkan individu tersebut berkembang dalam mengatasi sebuah kesulitan atau yang dikenal sebagai resiliensi. Penelitian-penelitian terdahulu menyebutkan bahwa adanya pengaruh dari dukungan sosial teman sebaya dalam meningkatkan resiliensi pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi pada mahasiswa perantau tahun pertama di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian merupakan mahasiswa angkatan 2023 Fakultas Hukum Universitas Diponegoro yang merantau berasal dari luar Jawa Tengah. Dari 890 total mahasiswa angkatan 2023 Fakultas Hukum Undip, sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 300 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu skala resiliensi Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC) (23 aitem, α = 0,92), dan skala dukungan sosial teman sebaya (36 aitem, α = 0,94). Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji Spearman’s Rho yang menunjukkan adanya hubungan positif antara kedua variabel (R_xy = 0,598, p = 0,00). Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka akan semakin tinggi pula resiliensi pada mahasiswa perantau tahun pertama di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Users 14 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:14
Last Modified: 27 Aug 2024 08:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25988

Actions (login required)

View Item View Item