Distianti, Nurul Intan and Pramudyo, Gani Nur (2024) Peran Pustakawan dalam Mengembangkan Literasi Informasi Siswa di Perpustakaan SMA Negeri 2 Pati. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Cover_Nurul Intan D_13040120140139.pdf - Accepted Version Download (113kB) |
![]() |
Text
Bab 1_Nurul Intan D_13040120140139.pdf - Accepted Version Download (154kB) |
![]() |
Text
Bab 2_Nurul Intan D_13040120140139.pdf - Accepted Version Download (254kB) |
![]() |
Text
Bab 3_Nurul Intan D_13040120140139.pdf - Accepted Version Download (287kB) |
![]() |
Text
Bab 4_Nurul Intan D_13040120140139.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5_Nurul Intan D_13040120140139.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (482kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 6_Nurul Intan D_13040120140139.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_Nurul Intan D_13040120140139.pdf - Accepted Version Download (205kB) |
Abstract
Literasi informasi merupakan kemampuan pada setiap individu dalam memahami, mengevaluasi, dan mengelola informasi secara efektif. Literasi informasi semestinya diperkenalkan ke siswa mulai dari anak-anak. Perpustakaan sekolah saat ini memegang peranan dalam mengembangkan literasi informasi di kalangan siswa. Pustakawan Perpustakaan SMA Negeri 2 Pati berperan membimbing siswa dalam mengembangkan literasi informasi di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan peran pustakawan SMAN 2 Pati dalam mengembangkan literasi informasi pada siswa. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah thematic analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pustakawan dalam mengembangkan literasi informasi siswa di Perpustakaan SMA Negeri 2 Pati, menggunakan konsep peran pustakawan yang dipaparkan oleh Wheeler dan Pamela McKinney, penelitian ini menegaskan bahwa pustakawan memiliki peran sebagai guru-pustakawan (teacher-librarian), pendukung pembelajaran (learning support), pustakawan yang mengajar (librarian who teaches), dan juga sebagai pelatih (trainer) literasi informasi. Kemudian, pustakawan dapat memperbaiki pengelolaan Perpustakaan SMAN 2 Pati; membuat program untuk kegiatan literasi informasi; dan memaksimalkan pengelolaan digital library yang dimiliki agar manfaatnya semakin merata untuk siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Silahkan menghubungi Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya jika membutuhkan file ini. |
Uncontrolled Keywords: | literasi informasi; perpustakaan sekolah; peran pustakawan |
Subjects: | Humanities |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Library Science |
Depositing User: | Ilmu Perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 08:44 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 08:44 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25985 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |