Kurniatin, Azzahra Mayta and Arfa, Mecca (2024) Kontribusi Layanan Bercerita Perpustakaan Grhatama Pustaka dalam Program Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Cover_Azzahra Mayta Kurniatin.pdf - Accepted Version Download (653kB) |
![]() |
Text
BAB 1_Azzahra Mayta Kurniatin.pdf - Accepted Version Download (206kB) |
![]() |
Text
BAB 2_Azzahra Mayta Kurniatin.pdf - Accepted Version Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB 3_Azzahra Mayta Kurniatin.pdf - Accepted Version Download (233kB) |
![]() |
Text
BAB 4_Azzahra Mayta Kurniatin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (650kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5_Azzahra Mayta Kurniatin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 6_Azzahra Mayta Kurniatin.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_Azzahra Mayta Kurniatin.pdf - Accepted Version Download (195kB) |
Abstract
Penelitian ini penting dilakukan mengingat adanya penurunan karakter, budaya, dan kepribadian pada anak akibat globalisasi yang didukung dengan pesatnya perkembangan teknologi. Anak-anak kerap kali menyerap budaya dan nilai-nilai asing tanpa filter. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menanamkan pendidikan karakter pada anak sedini mungkin. Perpustakaan Grhatama merespons fenomena tersebut dengan mengembangkan layanan bercerita untuk membentuk karakter anak usia dini. Rumusan masalah dalam penelitian ini merujuk pada bagaimana kontribusi layanan bercerita Perpustakaan Grhatama Pustaka dalam program pembentukan karakter anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kontribusi layanan bercerita Perpustakaan Grhatama Pustaka dalam program pembentukan karakter anak usia dini sebagai bentuk penanaman pendidikan karakter pada anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumen. Pemilihan narasumber dilakukan dengan purposive sampling. Proses analisis data dilakukan melalui empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dan pemberian kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kontribusi layanan bercerita Perpustakaan Grhatama Pustaka dalam program pembentukan karakter anak usia dini, yaitu dengan menggunakan sumber cerita yang beragam, memilih cerita yang sesuai dengan usia pemustaka anak, melakukan persiapan sebelum melakukan kegiatan bercerita, seperti membuat story board, membaca isi dari cerita dongeng, mempelajari karakter dari tokoh yang akan diceritakan, serta memahami pesan yang terkandung didalamnya. Penggunaan alat peraga, seperti boneka tangan juga digunakan sebagai visualisasi dari tokoh atau karakter yang sedang diceritakan. Hal ini memberikan dampak pada anak yang mampu memahami dan menanamkan nilai kebaikan karakter dalam cerita dongeng yang didengarnya kedalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Silahkan menghubungi Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya jika membutuhkan file ini. |
Uncontrolled Keywords: | perpustakaan; layanan bercerita; dongeng; karakter; anak |
Subjects: | Humanities |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Library Science |
Depositing User: | Ilmu Perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 08:44 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 08:44 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25979 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |