Search for collections on Undip Repository

PERAN PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK UMKM MELALUI GALERI SALAPAK DI KOTA BANDUNG

RENATA, AZELIA (2024) PERAN PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK UMKM MELALUI GALERI SALAPAK DI KOTA BANDUNG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
FINAL SKRIPSI -halaman-1.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI -halaman-2 (2).pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI -halaman-3.pdf - Submitted Version

Download (331kB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI -halaman-4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI -halaman-5.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI -halaman-6.pdf - Submitted Version

Download (157kB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI -halaman-7.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)

Abstract

Perekonomian di Kota Bandung tidak lepas dari adanya kegiatan usaha yang
dilakukan oleh masyarakat Kota Bandung. Aktivitas perekonomian di Kota
Bandung jika dilihat dari segi mata pencaharian masyarakatnya merupakan sebagai
wiraswasta. Kota Bandung merupakan kota yang berada di dataran rendah,
sehingga aktivitas perekonomian di Kota Bandung didukung olehbanyak kegiatan,
salah satu nya kegiatan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam upaya
untuk mempertahankan kestabilan perekonomian masyarakat Kota Bandung.
Melihat permasalahan yang ada terkait UMKM khususnya terkait permasalahan
pemasaran, sudah seharusnya pemerintah Kota Bandung ikut andil dan turun
tangan dalam menangani permasalahan tersebut. Oleh karenanya, pemerintah Kota
Bandung secara resmi meluncurkan program Galeri Salapak Mikroshop pertama.
Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk melihat peran
pemerintah Kota Bandung dalam upaya pemasaran produk UMKM di Kota
Bandung. Data didapatkan melalui hasil wawancara,dokumentasi, dan observasi di
lapangan. Kemudian ditambah dengan teori pemasaran 4p yaitu product, place,
price, promotion dalam mengetahui bagaimana peran pemerintah dalam upaya
pemasaran produk UMKM di Kota Bandung.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah terciptanya Galeri Salapak Microshop
yang menggunakan teori peran pemerintah sebagai Fasilitator,Regulator,dan
Katalisator. Peran pemerintah sebagai Fasilitator terdapat empat indikator yaitu
mempermudah perizinan,membantu pengembangan usaha dan
Kerjasama,membantu pemasaran,dan membantu pengembangan sumber daya.
Peran pemerintah sebagai Regulator terdapat tiga indikator yaitu pengawasan
kualitas,pemberian bantuan,dan pengawasan kebijakan.Kemudian terakhir peran
pemerintah sebagai Katalisator terdapat dua indikator yaitu pendampingan
peningkatan kualitas usaha dan pengawasan keamanan produk. Hal tersebut
digabungkan dengan teori 4p yaitu product, price, place, people untuk mengetahui
bagaimana peran pemerintah Kota Bandung dalam upaya pemasaran produk
UMKM di Kota bandung. Pemerintah berupaya untuk menghadirkan UMKM
terbaik dari pilihan wiraswasta di Kota Bandung.
Kata Kunci : Kota Bandung, UMKM,Peran Pemerintah, Pemasaran, 4P, Galeri
Salapak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:23
Last Modified: 23 Aug 2024 08:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25962

Actions (login required)

View Item View Item