Search for collections on Undip Repository

PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM UPAYA ADAPTASI DAN MITIGASI PERUBAHAN IKLIM STUDI KASUS: PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUNG IKLIM DI KELURAHAN CEMPAKA PUTIH TIMUR RW 03, JAKARTA PUSAT, TAHUN 2022

Latifah, Umi (2024) PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM UPAYA ADAPTASI DAN MITIGASI PERUBAHAN IKLIM STUDI KASUS: PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUNG IKLIM DI KELURAHAN CEMPAKA PUTIH TIMUR RW 03, JAKARTA PUSAT, TAHUN 2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (449kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (541kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (132kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya partisipasi perempuan dalam Program Kampung Iklim (Proklim) di RW 03, Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat. Peran perempuan dapat menjadi pelopor dan mengubah isu perubahan iklim, dari permasalahan menjadi peluang melalui Program Kampung Iklim (Proklim) yang mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pengendalian perubahan iklim. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif (descriptive research), serta menggunakan data primer dan sekunder. Lokasi penelitian berada di Kelurahan Cempaka Putih Timur RW 03, Jakarta Pusat.Metode pengumpulan data meliputi studi lapangan, wawancara, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, partisipasi perempuan dalam Program Kampung Iklim di Cempaka Putih Timur tahun 2022 telah menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini dibuktikan dari tercapainya indikator yang sebagaimana disampaikan oleh Cohen dan Uphoff (1997), seperti partisipasi dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan, pengambilan manfaat, dan evaluasi program. Rekomendasi yang diberikan yaitu berkaitan dengan peningkatan keaktifan peran perempuan dan dukungan pemerintah di masa mendatang.
Kata Kunci: Partisipasi perempuan, Program Kampung Iklim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 23 Aug 2024 06:44
Last Modified: 23 Aug 2024 06:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25951

Actions (login required)

View Item View Item