Search for collections on Undip Repository

PERBANDINGAN PENDIRIAN PERSEROAN TERBATAS PERSEKUTUAN DAN PERSEROAN TERBATAS PERSEORANGAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA. _228 Dagang 2024

NARESWARA, ANANTIA NURFA and Saptono, Hendro and Setyowati, Ro’fah (2024) PERBANDINGAN PENDIRIAN PERSEROAN TERBATAS PERSEKUTUAN DAN PERSEROAN TERBATAS PERSEORANGAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA. _228 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia sebagai negara hukum menetapkan peraturan yang mengatur kehidupan berbagai aspek, termasuk ekonomi yang berkembang pesat. Salah satu peraturan yang signifikan adalah mengenai Perseroan Terbatas (PT), yang telah mengalami perubahan dari regulasi awal dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang, Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007, hingga Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023, yang menetapkan regulasi baru Perseroan Terbatas Perseorangan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan prosedur pendirian dan pola pengembangan usaha antara Perseroan Terbatas Persekutuan dan Perseroan Terbatas Perseorangan, menyoroti implikasi hukum dari kebijakan baru bagi UMKM di Indonesia. Metode pendekatan dalam penelitian ini yaitu yuridis normatif. Spesifikasi penelitian dilakukan secara deskriptif analitis. Pengumpulan data primer dan data sekunder yang kemudian dioleh dan dianalisis menggunakan metode deskripsi normatif. Berdasarkan hasil penelitian, pemerintah Indonesia berupaya memperbaiki kondisi usaha melalui Undang-Undang Cipta Kerja, yang mengatur pembentukan Perseroan Terbatas Perseorangan sebagai alternatif untuk UMKM. Perseroan Terbatas Perseorangan memungkinkan pendirian perusahaan oleh individu dengan prosedur yang lebih mudah.
Kata Kunci : Perseroan Terbatas, Pengembangan Usaha, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perseroan Terbatas, Pengembangan Usaha, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Users 201 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:09
Last Modified: 27 Aug 2024 08:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25944

Actions (login required)

View Item View Item