Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN TINGKAT KECUKUPAN PROTEIN, ZAT BESI, TINGKAT STRESS, PERSEN LEMAK TUBUH DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN SIKLUS MENSTRUASI (Studi Mahasiswi FKM UNDIP Angkatan 2023)

PUTRI, GHEA ASSYIFA (2024) HUBUNGAN TINGKAT KECUKUPAN PROTEIN, ZAT BESI, TINGKAT STRESS, PERSEN LEMAK TUBUH DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN SIKLUS MENSTRUASI (Studi Mahasiswi FKM UNDIP Angkatan 2023). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2017, menyebutkan 13,7 % wanita berusia 10-59 tahun mengalami masalah siklus menstruasi yang tidak teratur sepanjang tahun. Dampak dari siklus menstruasi yang tidak teratur dapat menyebabkan berbagai penyakit kesehatan reproduksi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan tingkat kecukupan protein, zat besi, stress, persen lemak dalam tubuh, aktivitas fisik dengan siklus menstruasi. Studi ini merupakan studi kuantitatif desain cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro angkatan 2023 sebanyak 383 mahasiswi dengan subyek 75 mahasiswi yang diambil menggunakan simple ramdom sampling. Variabel bebas dari penelitian ini adalah tingkat kecukupan protein, zat besi, tingkat stress, persen lemak tubuh dan aktivitas fisik serta variabel terikat adalah siklus menstruasi. Instrumen penelitian yang digunakan ada kalender menstruasi, food recall 3x24 jam tidak berurutan, recall aktivitas fisik 2x24 jam, Perceived Stress Scale (PSS) dan innerscan. Analisis bivariat menggunakan Pearson Product Moment dan Rank Spearman. Hasil penelitian (60%) siklus menstruasi normal, (69,3%) defisit protein, (97,3%) kurang zat besi, (38,7%) tergolong stress ringan, (57,3%) normal dalam persen lemak tubuh dan (100%) memiliki aktivitas ringan. Uji bivariat menunjukkan terdapat hubungan tingkat stress (p=0,014) dengan siklus menstruasi. Tidak terdapat korelasi antara tingkat kecukupan protein (p=0,314), zat besi (p=0,760), persen lemak tubuh (p=0,841) dan aktivitas fisik (p=0,660) dengan siklus menstruasi. Simpulan penelitian ada hubungan tingkat stress dengan siklus menstruasi.

Kata Kunci : Siklus Menstruasi, zat gizi, stress, aktivitas fisik, persen lemak tubuh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: Users 170 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2024 04:23
Last Modified: 09 Sep 2024 03:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25941

Actions (login required)

View Item View Item