Search for collections on Undip Repository

IMPLIKASI KEBIJAKAN NORMALISASI KANAL BANJIR TIMUR KOTA SEMARANG TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Relokasi Kampung Nelayan Tambakrejo dalam Perspektif Socio-Legal). _006 Humas 2024

PRASETYA, ZEFANYA LINTANG LITANI and Yusriyadi, Yusriyadi and Wijaningsih, Dyah (2024) IMPLIKASI KEBIJAKAN NORMALISASI KANAL BANJIR TIMUR KOTA SEMARANG TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Relokasi Kampung Nelayan Tambakrejo dalam Perspektif Socio-Legal). _006 Humas 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fokus Penulisan Hukum ini adalah studi kebijakan publik yang secara khusus mengerucut pada kebijakan Normalisasi Kanal Banjir Timur. Kebijakan ini menjadi penting untuk dikaji sebab erat berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat nelayan di Tambakrejo, Kota Semarang. Permasalahan yang diajukan dapat dirumuskan menjadi 2 dua yakni: 1) bagaimana kerangka normatif kebijakan Normalisasi Kanal Banjir Timur Kota Semarang; serta 2) bagaimana dinamika permasalahan kebijakan Normalisasi Kanal Banjir Timur Kota Semarang. Untuk menjawab dua permasalahan tersebut, dilakukanlah penelitian di Kampung Nelayan Tambakrejo dengan pendekatan socio-legal. Adapun teori yang digunakan yakni teori sosial tentang keadilan dan konsep hukum sebagai alat rekayasa sosial. Temuan dari Penulisan Hukum ini adalah: 1) kerangka normatif kebijakan Normalisasi Kanal Banjir Timur ini (dimulai dari pembentukan hingga implementasinya) belum optimal. Hal ini ditandai dari proses perumusannya masih belum memaksimalkan aspirasi publik; 2) implementasi kebijakan Normalisasi Kanal Banjir Timur ini belum mempertimbangkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat kampung nelayan. Berangkat dari temuan tersebut disarankan bahwa untuk ke depannya, dalam pembuatan kebijakan publik hingga implementasinya hendaknya memperhatikan nilai-nilai keadilan dan kebermanfaatan bagi masyarakat.
Kata Kunci: Implikasi, Kebijakan, Normalisasi, Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implikasi, Kebijakan, Normalisasi, Kesejahteraan
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Users 201 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:01
Last Modified: 27 Aug 2024 08:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25939

Actions (login required)

View Item View Item