GINTING, EGI DHIO PRIADINTA and Susanto, Sri Nur Hari and Suhartoyo, Suhartoyo (2024) PERAN OMBUDSMAN REPUBIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI JAWA TENGAH DALAM MELAKUKAN PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK PENGADAAN BARANG DAN JASA. _54 HAN 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Egi Dhio Priadinta Ginting_cover.pdf Download (609kB) |
![]() |
Text
Egi Dhio Priadinta Ginting_abstrak.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
Egi Dhio Priadinta Ginting_bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
![]() |
Text
Egi Dhio Priadinta Ginting_bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
![]() |
Text
Egi Dhio Priadinta Ginting_bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
![]() |
Text
Egi Dhio Priadinta Ginting_bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
![]() |
Text
Egi Dhio Priadinta Ginting_dapus.pdf Download (346kB) |
Abstract
Menjaga pemerintahan yang bersih dan efektif adalah kewajiban setiap warga negara di mana-mana. Pembelian barang dan jasa memainkan peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk meningkatkan pelayanan publik dan pembangunan ekonomi nasional dan regional. Pengawasan pemeliharaan layanan publik dalam pembelian barang dan jasa adalah salah satu tujuan Ombudsman dalam melakukan pengawasan eksternal. Tujuan dari penyelidikan ini adalah untuk mengetahui peran Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah dalam mengawasi pelayanan publik pengadaan barang dan jasa dan untuk mengetahui hambatan dan cara untuk mengatasi hambatan yang dihadapi Ombudsman Republik Indonesia. Penulisan hukum ini menggunakan pendekatan yuridis empiris yang didasarkan pada ilmu hukum normatif yang meninjau bagaimana respons terjadi ketika norma hukum diimplementasikan dalam masyarakat. Metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan data yang dikumpulkan didasarkan pada fakta di lapangan. Studi ini menggunakan deskriptif analitis yang dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran yang jelas, sistematis dan komprehensif dari data yang telah dikumpulkan dan terkait dengan masalah yang dibahas dalam studi ini. Sumber data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan oleh penulis adalah kualitatif. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif, kualitatif, yaitu dengan mengambil data representatif, kemudian dianalisis secara kualitatif atau dengan menggambarkan secara sistematis dan faktis situasi di lapangan untuk menjelaskan kesimpulan dengan aturan hukum sebagai dasar untuk membuat kesimpulannya. Ombudsman Perwakilan Provinsi Jawa Tengah bertindak sebagai pengawas eksternal atas keberatan terhadap penyimpangan atas proses pengadaan barang dan jasa, kemudian terutama pihak-pihak yang mengajukan keberatan melalui sistem aplikasi yang telah tersedia oleh Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP).
Jika masyarakat merasa bahwa mereka tidak mendapatkan layanan yang komprehensif dari Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP), maka masyarakat memiliki hak untuk melaporkan hal tersebut ke Ombudsman RI untuk mendapatkan tindak lanjut sesuai dengan wewenang yang dimiliki Ombudsman. Hambatan yang dihadapi Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah meliputi kekurangan sumber daya manusia, anggaran untuk fasilitas, luas area kerja, kurangnya pemahaman intansi terlapor. Cara mengatasi hambatan-hambatan ini adalah melalui peningkatan sumber daya manusia dan manusia baik kualitas maupun kuantitas, dukungan anggaran, bantuan dalam memenuhi persyaratan seperti alat-alat penyelidikan dan ruang kerja yang memadai dan lain-lain, pemahaman instansi terlapor tentang otoritas Ombudsman RI, membutuhkan komitmen dari penyelenggara sebagai pihak eksternal dalam mencapai pelayanan publik yang optimal.
Kata Kunci : Peran, Ombudsman, Pelayanan Publik, Pengadaan Barang dan Jasa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, Ombudsman, Pelayanan Publik, Pengadaan Barang dan Jasa |
Subjects: | Law |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law |
Depositing User: | Mr Perpus FH1 |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 02:58 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 02:58 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25932 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |