Search for collections on Undip Repository

Penentuan Solusi Fisibel Awal Pada Masalah Transportasi Fuzzy Oktagonal Menggunakan Total Opportunity Cost Matrix - Modified Extremum Difference Method (TOCM-MEDM)

A'yunin, Tanalyazzahrah (2024) Penentuan Solusi Fisibel Awal Pada Masalah Transportasi Fuzzy Oktagonal Menggunakan Total Opportunity Cost Matrix - Modified Extremum Difference Method (TOCM-MEDM). Undergraduate thesis, UNDIP.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Masalah transportasi merupakan masalah pengalokasian sumber daya dari suatu sumber ke suatu tujuan untuk meminimumkan biaya secara optimal sehingga semua permintaan di tujuan dapat dipenuhi. Ketidakpastian dalam pendistribusian sumber daya yang terjadi dapat menimbulkan masalah transportasi fuzzy dengan biaya pengiriman, jumlah persediaan, dan jumlah permintaan menjadi tidak pasti. Metode Total Opportunity Cost Matrix - Modified Extremum Difference Method (TOCM-MEDM) merupakan metode yang digunakan untuk menentukan solusi fisibel awal yang diawali dengan membangun TOCM dari hasil reduksi baris dan kolom, kemudian menentukan pinalti dari selisih tertinggi antara biaya terbesar dan terkecil pada setiap baris dan kolom. Entri pada matriks biaya dengan pinalti tertinggi digunakan sebagai titik mula iterasi hingga keseluruhan persediaan dan permintaan terpenuhi. Diberikan simulasi masalah transportasi fuzzy oktagonal, lalu hasil solusi fisibel awal dibandingkan dengan hasil solusi optimal. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode TOCM-MEDM dapat menghasilkan solusi fisibel awal yang sama dengan solusi optimal atau mendekati solusi optimalnya dengan selisih yang cukup kecil pada beberapa simulasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Users 242 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:03
Last Modified: 22 Aug 2024 04:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25877

Actions (login required)

View Item View Item