Lubis, Adinda Fajri (2024) PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN SANKSI PAJAK BERDASARKAN UU HPP TERHADAP KEPATUHAN PAJAK (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi KPP Pratama Klaten). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
S_Adinda Fajri Lubis.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
S_Adinda Fajri Lubis COVER.pdf - Published Version Download (364kB) |
![]() |
Text
S_Adinda Fajri Lubis BAB I.pdf - Published Version Download (200kB) |
![]() |
Text
S_Adinda Fajri Lubis DAPUS.pdf - Published Version Download (178kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan korelasi antara kualitas layanan
yang disediakan oleh kantor pajak (KPP Pratama) dengan tingkat kepatuhan para
wajib pajak, kemudian juga mengkaji pengaruh penerapan sanksi pajak terhadap
kepatuhan para wajib pajak. Kepatuhan wajib pajak bisa diketahui melalui seberapa
banyak wajib pajak melaporkan bayar pajaknya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yangmana metode penelitian
yang digunakan adalah pengumpulan data primer melalui kuesioner, yang
kemudian dianalisis menggunakan metode statistik, seperti analisis regresi, dengan
memanfaatkan perangkat lunak SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib
Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Klaten dengan sampel sebanyak
100 responden. Purposive Sampling digunakan dalam Teknik pengambilan sampel
pada penelitian ini. Metode pengumpulan data yaitu dengan kuesioner. Teknik
analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji kualitas data, asumsi
klasik, dan analisis regresi berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Variabel Kualitas Pelayanan
Pajak secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepatuhan
Perpajakan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,475, nilai signifikansi uji t
sebesar 0,031. Nilai signifikansi 0,031 yang lebih kecil dari 0,05 (0,031<0.05),
Kedua, Variabel Sanksi Pajak tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara
terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan nilai nilai koefisien regresi sebesar 0,235,
nilai signifikansi uji t sebesar 0,054. Nilai signifikansi 0,054 yang lebih besar dari
0,05 (0,054>0,05).
Kata Kunci: Kepatuhan Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Perpajakan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepatuhan Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Perpajakan |
Subjects: | Economics and Business > Accounting Economics and Business |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in Taxation |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 06:26 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 06:26 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |