Search for collections on Undip Repository

Evaluasi Kualitatif dengan Model CIPP Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Bekasi

Putri, Raihana Munggarani and Suharso, Putut (2024) Evaluasi Kualitatif dengan Model CIPP Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenonemena peningkatan peran perpustakaan dalam membantu meningkatkan literasi masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat dan perpustakaan berbasis inklusi sosial, yang memicu adanya peningkatan minat baca dan keterampilan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program secara ilmiah mengenai kesesuaian pelaksanaan program TPBIS menggunakan model evaluasi CIPP yang dilaksanakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan evaluasi. Pengambilan data penelitian dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Informan dalam penelitian ini terdapat lima orang, yaitu fasilitator daerah program TPBIS Kota Bekasi dan peserta program TPBIS. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik tematik analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tujuan utama dalam pelaksanaan program TPBIS yaitu meningkatkan literasi masyarakat; strategi pencapaian program diketahui bahwa perencanaan, anggaran, sarana dan prasarana tercapai dengan cukup baik; gambaran umum pelaksnaan program diketahui telah terlaksana sebanyak 15 kegiatan praktek pelatihan; dan berdasarkan pada luaran program, diketahui bahwa ketercapaiam pelaksanaan program telah sesuai dengan perencanaan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Silahkan menghubungi Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya jika membutuhkan file ini
Uncontrolled Keywords: evaluasi program; perpustakaan berbasis inklusi sosial; evaluasi CIPP
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Library Science
Depositing User: Users 211 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:45
Last Modified: 03 Sep 2024 08:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25846

Actions (login required)

View Item View Item