IHSAN, FARRELL (2024) REDESAIN STASIUN PASAR SENEN DI JAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR HIJAU. Undergraduate thesis, Undip.
![]() |
Text
01 Cover.pdf - Submitted Version Download (16kB) |
![]() |
Text
03 Halaman Pengesahan.pdf - Submitted Version Download (99kB) |
![]() |
Text
05 Abstrak.pdf - Submitted Version Download (5kB) |
![]() |
Text
12 Bab 1.pdf - Submitted Version Download (330kB) |
![]() |
Text
13 Bab 2.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
14 Bab 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
![]() |
Text
15 Bab 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
16 Bab 5.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
17 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (12kB) |
Abstract
Studi ini bertujuan untuk merancang ulang kompleks Stasiun Pasar Senen di Jakarta Pusat dengan menerapkan konsep arsitektur hijau guna mengatasi beberapa permasalahan yang ada. Permasalahan utama yang diidentifikasi meliputi kemacetan di depan taman stasiun karena kurangnya tempat penjemputan yang memadai, serta dampak panas yang tinggi dari material fasad setelah renovasi stasiun. Melalui studi literatur, penelitian kuantitatif, dan analisis data, didapat beberapa solusi yang diusulkan.
Pertama, untuk mengurangi kemacetan di depan taman stasiun, perlu direncanakan penataan ulang tempat penjemputan yang lebih strategis dan efisien, serta peningkatan manajemen lalu lintas pada jam-jam padat. Kedua, untuk mengurangi dampak panas dari material fasad, diperlukan penggunaan material yang lebih cocok untuk mengurangi penyerapan panas, seperti konsep arsitektur
hijau dengan menggunakan material yang dapat menyediakan kenyamanan termal. Tujuan utama dari studi ini adalah untuk menghasilkan desain kompleks Stasiun Pasar Senen yang memperhatikan aspek arsitektur hijau, dengan sasaran
mencakup penerapan konsep arsitektur hijau, penataan ruang dengan orientasi yang jelas, dan merancang tempat penjemputan yang memadai di sekitar stasiun.
Manfaat subjektif dari studi ini adalah meningkatkan kenyamanan calon penumpang kereta, sedangkan manfaat objektifnya adalah menata kembali ruang yang dapat dimanfaatkan secara efisien serta mengurangi dampak panas yang dihasilkan oleh bangunan. Lingkup studi meliputi aspek spatial dan subtansial, dengan metode penelitian yang mencakup studi literatur, penelitian kuantitatif, dan studi analisis. Diharapkan studi ini dapat memberikan kontribusi dalam mengatasi permasalahan yang ada di Stasiun Pasar Senen dan memberikan inspirasi bagi
pengembangan stasiun-stasiun lainnya dengan pendekatan arsitektur hijau.
Kata Kunci: Stasiun Pasar Senen 1; Kemacetan Lalu Lintas 2; Kenyamanan Termal 3; Efisiensi Transportasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Engineering > Architecture Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering |
Depositing User: | Magister Arsitektur |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 05:22 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 05:22 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25821 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |