Kharima, Riva Ainul (2024) PENERAPAN PROSEDUR PENGIRIMAN KOMPONEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE 5 WHYS ANALYSIS PADA DIVISI DELIVERY SALES DI WAREHOUSE ASSEMBLY PLANT PT KOMATSU INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
S_Riva Ainul Kharima.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
S_Riva Ainul Kharima COVER.pdf - Published Version Download (464kB) |
![]() |
Text
S_Riva Ainul Kharima BAB I.pdf - Published Version Download (246kB) |
![]() |
Text
S_Riva Ainul Kharima DAPUS.pdf - Published Version Download (229kB) |
Abstract
Prosedur pengiriman pada divisi delivery sales di Warehouse Assembly
Plant PT Komatsu Indonesia diterapkan untuk pengiriman komponen ke Komatsu
Marketing Support Indonesia sebagai pelanggan. Pada pengiriman komponen
terdapat permasalahan yang terjadi yaitu terjadinya pengiriman komponen
terlambat yang disebabkan oleh prepare komponen yang lama dan jadwal
pengiriman yang sering berubah – ubah yang mengakibatkan ketidaksesuaian
prosedur. Maka dari itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan prosedur
pengiriman komponen dan alur pengiriman komponen yang diterapkan pada divisi
delivery sales di Warehouse Assembly Plant PT Komatsu Indonesia, serta untuk
mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung dalam pengiriman komponen.
Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dan menggunakan data
primer dan sekunder sebagai sumber data. Teknik yang dilakukan untuk
mengumpulkan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang
digunakan, serta pemecahan masalah yang digunakan yaitu 5 Whys Analysis,
dengan hasil penelitian yang menjelaskan prosedur pengiriman komponen yang
diterapkan pada divisi delivery sales di Warehouse Assembly Plant PT Komatsu
Indonesia mulai dari diterimanya SO (Sales Order), list komponen yang akan
dikirim, melakukan prepare komponen, packing, pembuatan surat jalan,
pengiriman komponen, dan yang terakhir melakukan sales outbound. Dari hasil
pembahasan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa prosedur pengiriman pada
divisi delivery sales di Warehouse Assembly Plant PT Komatsu Indonesia
mengalami beberapa ketidaksesuaian dan belum berjalan efektif sesuai prosedur,
ketidaksesuaian terdapat pada hambatan yang terjadi antara lain kurangnya
pelatihan pada karyawan, keterlambatan pemrosesan pesanan, kesalahan stok,
kendala pemenuhan pesanan, kurangnya pengaturan transportasi, dan terdapat pada
masalah komunikasi. Sehingga perlu adanya prosedur tertulis yang dapat
meningkatkan proses pengiriman komponen.
Kata kunci: Metode 5 Whys Analysis, Pengiriman, Prosedur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode 5 Whys Analysis, Pengiriman, Prosedur. |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in Management |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 08:28 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 08:28 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |