MANNUEL HUTABARAT, DION (2024) REDESAIN TERMINAL BUS TIPE B RAWAMANGUN DI PULO GADUNG, JAKARTA TIMUR. Undergraduate thesis, Undip.
![]() |
Text
01. Cover.pdf - Submitted Version Download (172kB) |
![]() |
Text
03. Halaman Pengesahan.pdf - Submitted Version Download (84kB) |
![]() |
Text
05. Abstrak.pdf - Submitted Version Download (116kB) |
![]() |
Text
11. Bab 1.pdf - Submitted Version Download (473kB) |
![]() |
Text
12. Bab 2.pdf - Submitted Version Download (532kB) |
![]() |
Text
13. Bab 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
![]() |
Text
14. Bab 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
![]() |
Text
15. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (126kB) |
Abstract
Terminal Rawamangun merupakan terminal bus tipe B yang terletak di kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Revitalisasi terminal tersebut tahun 2015 menimbulkan banyak permasalahan desain baru terutama pada bagian sirkulasi armada. Hal ini menyebabkan kesulitan manuver armada yang berakibat pada
kemacetan di sekitaran area terminal. Rencana pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk membongkar dan mendirikan kembali bangunan terminal baru masih belum direalisasikan hingga kini.
Pada Agustus 2017, Dinas Perhubungan DKI Jakarta memindahkan seluruh operasional angkutan antar-provinsi dari Terminal Rawamangun ke Terminal Pulo Gebang, sehingga saat ini Terminal Rawamangun hanya berfungsi sebagai hub angkutan angkot Mikrotrans, dengan beberapa rute Transjabodetabek dan Damri.
Hal ini membuat terminal Rawamangun semakin sepi. Dengan demikian, perlu dilakukan redesain terminal Rawamangun untuk meningkatkan fungsi serta jumlah penggunanya.
Proses redesain dimulai dengan studi literatur terkait standar-standar terminal bus, dilanjutkan dengan studi preseden pada terminal-terminal bus yang sudah ada, kemudian mendatangi terminal Rawamangun secara langsung untuk
mengamati dan mewawancarai narasumber terkait kondisi eksisting di lapangan. Dari metode tersebut, didapatkan data-data tentang efisiensi dan efektivitas sirkulasi di dalam terminal, pengguna terminal, serta ruang-ruang yang
dibutuhkan oleh terminal bus. Data-data tersebut kemudian diolah untuk mendapatkan program ruang yang berisi kebutuhan ruang, pengelompokkan ruang, jumlah kapasitas parkir terminal,
kapasitas manusia di dalam bangunan terminal, serta seluruh program ruang dari terminal yang akan di-redesain. Disimpulkan pula bahwa pendekatan arsitektur yang sesuai dengan rancangan terminal ini adalah wayfinding dan high-tech architecture.
Kata Kunci: High-tech; Redesain; Sirkulasi; Terminal; Wayfinding
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Engineering > Architecture Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering |
Depositing User: | Magister Arsitektur |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 05:28 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 05:28 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25739 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |