Search for collections on Undip Repository

REDESAIN TERMINAL BUS TIPE B RAWAMANGUN DI PULO GADUNG, JAKARTA TIMUR

MANNUEL HUTABARAT, DION (2024) REDESAIN TERMINAL BUS TIPE B RAWAMANGUN DI PULO GADUNG, JAKARTA TIMUR. Undergraduate thesis, Undip.

[thumbnail of 01. Cover.pdf] Text
01. Cover.pdf - Submitted Version

Download (172kB)
[thumbnail of 03. Halaman Pengesahan.pdf] Text
03. Halaman Pengesahan.pdf - Submitted Version

Download (84kB)
[thumbnail of 05. Abstrak.pdf] Text
05. Abstrak.pdf - Submitted Version

Download (116kB)
[thumbnail of 11. Bab 1.pdf] Text
11. Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (473kB)
[thumbnail of 12. Bab 2.pdf] Text
12. Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (532kB)
[thumbnail of 13. Bab 3.pdf] Text
13. Bab 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[thumbnail of 14. Bab 4.pdf] Text
14. Bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[thumbnail of 15. Daftar Pustaka.pdf] Text
15. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (126kB)

Abstract

Terminal Rawamangun merupakan terminal bus tipe B yang terletak di kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Revitalisasi terminal tersebut tahun 2015 menimbulkan banyak permasalahan desain baru terutama pada bagian sirkulasi armada. Hal ini menyebabkan kesulitan manuver armada yang berakibat pada
kemacetan di sekitaran area terminal. Rencana pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk membongkar dan mendirikan kembali bangunan terminal baru masih belum direalisasikan hingga kini.
Pada Agustus 2017, Dinas Perhubungan DKI Jakarta memindahkan seluruh operasional angkutan antar-provinsi dari Terminal Rawamangun ke Terminal Pulo Gebang, sehingga saat ini Terminal Rawamangun hanya berfungsi sebagai hub angkutan angkot Mikrotrans, dengan beberapa rute Transjabodetabek dan Damri.
Hal ini membuat terminal Rawamangun semakin sepi. Dengan demikian, perlu dilakukan redesain terminal Rawamangun untuk meningkatkan fungsi serta jumlah penggunanya.
Proses redesain dimulai dengan studi literatur terkait standar-standar terminal bus, dilanjutkan dengan studi preseden pada terminal-terminal bus yang sudah ada, kemudian mendatangi terminal Rawamangun secara langsung untuk
mengamati dan mewawancarai narasumber terkait kondisi eksisting di lapangan. Dari metode tersebut, didapatkan data-data tentang efisiensi dan efektivitas sirkulasi di dalam terminal, pengguna terminal, serta ruang-ruang yang
dibutuhkan oleh terminal bus. Data-data tersebut kemudian diolah untuk mendapatkan program ruang yang berisi kebutuhan ruang, pengelompokkan ruang, jumlah kapasitas parkir terminal,
kapasitas manusia di dalam bangunan terminal, serta seluruh program ruang dari terminal yang akan di-redesain. Disimpulkan pula bahwa pendekatan arsitektur yang sesuai dengan rancangan terminal ini adalah wayfinding dan high-tech architecture.
Kata Kunci: High-tech; Redesain; Sirkulasi; Terminal; Wayfinding

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Engineering > Architecture Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Depositing User: Magister Arsitektur
Date Deposited: 16 Jan 2025 05:28
Last Modified: 16 Jan 2025 05:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25739

Actions (login required)

View Item View Item