Search for collections on Undip Repository

MEMAHAMI PENGALAMAN KOMUNIKASI MAHASISWA ASAL INDONESIA DALAM MENGATASI GEGAR BUDAYA PADA SISTEM PENDIDIKAN DI TAIWAN

Prinarenti, Aurelia Almanda (2024) MEMAHAMI PENGALAMAN KOMUNIKASI MAHASISWA ASAL INDONESIA DALAM MENGATASI GEGAR BUDAYA PADA SISTEM PENDIDIKAN DI TAIWAN. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh gegar budaya yang dialami oleh mahasiswa
Indonesia yang menempuh pendidikan di Taiwan, terkait perbedaan sistem
pendidikan antara Taiwan dengan Indonesia. Pemilihan Taiwan untuk dilakukan
penelitian, dilatarbelakangi oleh tingginya minat pelajar Indonesia untuk
melanjutkan pendidikan di Taiwan. Fokus penelitian pada sistem pendidikan
mencakup antara lain proses belajar-mengajar di kelas, pengerjaan tugas dan ujian
secara kelompok dan individu, serta praktik berupa magang dan tugas akhir. Tujuan
dilakukan penelitian ini untuk memahami pengalaman komunikasi mahasiswa asal
Indonesia dalam mengatasi gegar budaya pada sistem pendidikan di Taiwan.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan fenomenologi interpretif dan metode
penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian menggunakan Teori Penyesuaian Diri dan
Teori Negosiasi Identitas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi
pustaka dan wawancara mendalam kepada enam mahasiswa asal Indonesia
angkatan 2020, yang menempuh pendidikan tinggi jenjang S-1 di Taiwan. Hasil
penelitian menemukan bahwa mahasiswa perlu berinisiatif dalam memulai
komunikasi dalam aktivitas pembelajaran dan kehidupan sehari-hari, misalnya
untuk berkenalan, bertanya, berdiskusi, dan mendekatkan diri, hal ini dikarenakan
kultur komunikasi di Taiwan yang cenderung individualistik. Mahasiswa perlu
untuk menguasai penggunaan bahasa Mandarin tradisional untuk mendukung
proses komunikasi mengatasi gegar budaya, sebagai bahasa utama yang digunakan
masyarakat Taiwan. Mahasiswa Indonesia perlu melakukan pendekatan diri untuk
hidup berkelompok agar dapat berkomunikasi dan bertukar pikiran, terutama
dengan sesama pelajar Indonesia, namun mahasiswa Indonesia juga dapat
melakukan penghindaran komunikasi, agar sejenak beristirahat dari tekanan gegar
budaya pendidikan, sebelum akhirnya kembali berada dalam kondisi yang siap
untuk melakukan komunikasi.
Kata Kunci: Pengalaman Komunikasi, Mahasiswa Asal Indonesia, Gegar Budaya
Pendidikan, Sistem Pendidikan Taiwan, Teori Penyesuaian Diri, Teori Negosiasi
Identitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Users 162 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:03
Last Modified: 19 Aug 2024 03:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25738

Actions (login required)

View Item View Item