Search for collections on Undip Repository

PEMETAAN TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (TOD) MRT BLOK M MENGGUNAKAN URBAN NETWORK ANALYSIS

REGITA, FANNY ANGGI TIAU (2024) PEMETAAN TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (TOD) MRT BLOK M MENGGUNAKAN URBAN NETWORK ANALYSIS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (11kB)

Abstract

DKI Jakarta adalah ibu kota Indonesia saat ini yang dikenal dengan dinamika perkotaan dan pertumbuhan penduduk yang pesat. Seiring dengan bertambahnya populasi dan aktivitas ekonomi, masalah transportasi menjadi semakin kompleks.
Kemacetan lalu lintas dan polusi udara merupakan tantangan utama yang dihadapi oleh Jakarta. Untuk mengatasi masalah tersebut, konsep Transit Oriented Development (TOD) telah diadopsi yang berfokus pada pengembangan area di sekitar stasiun transit untuk meningkatkan aksesibilitas dan mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentralitas Stasiun MRT BLOK M dalam jaringan transportasi perkotaan Jakarta dengan radius 800 meter. Menggunakan parameter sentralitas Urban Network Analysis (UNA) pada ArcGIS seperti reach index, closeness index,
gravity index, betweenness index, dan straightness index, serta metode Urban Network Analysis (UNA) pada VSCode diterapkan untuk mengevaluasi aksesibilitas dan peran stasiun dalam jaringan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Stasiun MRT BLOK M memiliki nilai indeks reach sebesar 0,041246, indeks
straightness sebesar 0,739784, dan indeks betweenness sebesar 0,020663, yang mengindikasikan jangkauan dan efisiensi koneksi yang cukup baik. Namun, nilai indeks closeness yang rendah (0,001811) dan indeks gravity bernilai nol menunjukkan bahwa stasiun ini kurang optimal dalam menarik aliran penumpang dan tidak terletak di pusat jaringan transportasi. Analisis aksesibilitas mengungkapkan bahwa area dalam radius 800 meter dari Stasiun MRT BLOK M mencakup kepadatan bangunan yang tinggi dan akses jalan yang baik, memungkinkan penumpang dari berbagai arah mencapai stasiun dengan mudah. Selain itu, analisis betweenness centrality menunjukkan bahwa jalan-jalan di sekitar stasiun, yang sering digunakan dalam rute terpendek menuju berbagai destinasi, sangat penting untuk mobilitas dan aksesibilitas di kawasan tersebut. Stasiun MRT BLOK M berfungsi sebagai pusat utama dalam jaringan transportasi, yang ditunjukkan dengan tingginya betweenness pada jalur yang mengarah ke dan dari
stasiun ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aksesibilitas, Indeks, Transit Oriented Development, Urban Network Analysis
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Geodetic Engineering
Depositing User: Geodesi undip
Date Deposited: 16 Aug 2024 08:41
Last Modified: 16 Aug 2024 08:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25720

Actions (login required)

View Item View Item