Search for collections on Undip Repository

Total Flavonoid dan Aktivitas Antioksidan Jelly Drink Kurma (Phoenix dactylifera L.) dengan Penambahan Daun Torbangun (Coleus amboinicus L.) sebagai Minuman Fungsional bagi Ibu Menyusui

Hayyu Waruziqta Mawada Mas, Rr. Divine and Rustanti, Ninik and Probosari, Enny and Widyastuti, Nurmasari Total Flavonoid dan Aktivitas Antioksidan Jelly Drink Kurma (Phoenix dactylifera L.) dengan Penambahan Daun Torbangun (Coleus amboinicus L.) sebagai Minuman Fungsional bagi Ibu Menyusui. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Rr. Divine Hayyu Waruziqta Mawada Mas.pdf

Download (110kB)

Abstract

Latar belakang: ASI yang tidak keluar dan produksi ASI yang tidak memenuhi kebutuhan bayi menjadi keluhan umum yang diungkapkan oleh ibu menyusui. Kombinasi jelly drink kurma dan daun torbangun dapat memberikan potensi keduanya dalam meningkatkan produksi ASI.
Tujuan: Mengkaji formulasi jelly drink kurma dengan penambahan sari daun torbangun serta menganalisis total flavonoid dan aktivitas antioksidan pada jelly drink.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor yaitu variasi konsentrasi sari daun torbangun yang ditambahkan (F0=0%, F1=5%, F2=10%, F3=15%). Total flavonoid dianalisis menggunakan metode kolorimetri dan aktivitas antioksidan dianalisis menggunakan metode DPPH. Analisis statistik menggunakan One-way ANOVA dengan uji lanjut Tukey dan Duncan.
Hasil: Total flavonoid jelly drink pada berbagai formula berkisar antara 0,0093–0,0228 mg QE/g. Aktivitas antioksidan jelly drink pada berbagai formula berkisar antara 16574,6083–48147,9883 mg/L. Penambahan sari daun torbangun pada jelly drink kurma secara signifikan meningkatkan total flavonoid dan kemampuan antioksidan dibandingkan dengan formula yang tidak ditambah sari daun torbangun. Total flavonoid dan aktivitas antioksidan tertinggi ditemukan pada formula F3.
Simpulan: Penambahan sari daun torbangun dapat meningkatkan kandungan total flavonoid dan meningkatkan kemampuan antioksidan pada jelly drink kurma.
Kata kunci: kurma, daun torbangun, flavonoid, antioksidan, ibu menyusui

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 15 Aug 2024 08:52
Last Modified: 15 Aug 2024 08:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25669

Actions (login required)

View Item View Item