Dewi, Nadira Sandra (2024) PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA DENGAN METODE TENDER PADA DIVISI LOGISTIK PT. BRI ASURANSI INDONESIA KANTOR PUSAT JAKARTA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
S_Nadira Sandra Dewi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
S_Nadira Sandra Dewi COVER.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
S_Nadira Sandra Dewi BAB I.pdf - Published Version Download (272kB) |
![]() |
Text
S_Nadira Sandra Dewi DAPUS.pdf - Published Version Download (233kB) |
Abstract
Pengadaan tender merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan secara terbuka untuk
memenuhi permintaan kebutuhan dalam sebuah perusahaan dengan melihat
pertimbangan dari sisi kualitas, kuantitas, waktu pengiriman, juga harga serta biasa
digunakan untuk pengadaan dalam jumlah dan nilai besar juga bersifat kompleks.
Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengadaan barang
dan jasa dengan metode tender dan kendala dalam pelaksanaan proses pengadaan
dengan metode tender pada PT. BRI Asuransi Indonesia Kantor Pusat Jakarta.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan
penggunaan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi
selanjutnya mendapatkan sumber data dari data primer dan data sekunder yang
diolah dengan teknik analisa data melalui reduksi, penyajian dan penarikan
kesimpulan serta menerapkan triangulasi data sumber dan waktu. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pengadaan dengan metode
tender pada PT. BRI Asuransi Indonesia Kantor Pusat Jakarta memiliki prosedur
yang kompleks dan berpedoman pada prosedur yang tertuang pada surat keputusan.
Tahapannya dimulai dari pembagian pengumuman, proses aanwijzing,
pengumpulan dokumen, penilaian dokumen, klarifikasi dan negosiasi,
pengumuman pemenang, hingga penerbitan dokumen purchase order dan surat
perintah kerja. Keberjalanan pengadaan tender ini belum berjalan secara efektif
karena masih ditemukan kendala dalam prosesnya, yaitu (1) terdapat proses yang
dilakukan secara manual dan (2) lamanya waktu proses pembuatan dokumen
perjanjian. Kendala tersebut dapat diatasi perusahaan dengan penerapan sistem eprocurement untuk mempercepat proses juga disertai pemberian sosialisasi terkait
cara penggunaannya kemudian juga melakukan perbaikan koordinasi antar pihak
divisi kepatuhan dan manajemen risiko dengan tim legal terkait pembuatan
template dokumen yang berlaku agar menghemat waktu pemeriksaan.
Kata Kunci: Proses, Pengadaan, Tender.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses, Pengadaan, Tender. |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in Management |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 08:00 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 08:00 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25661 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |