Search for collections on Undip Repository

HALAL VALUE RESONATING QUALITY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN Studi Empirik pada UMKM Produk Makanan Halal di Jawa Tengah

KHASANAH, Imroatul (2024) HALAL VALUE RESONATING QUALITY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN Studi Empirik pada UMKM Produk Makanan Halal di Jawa Tengah. Doctoral thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
1._D___Cover___12020120510046.pdf - Published Version

Download (221kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris))
4._D___Abstrak_(Inggris)___12020120510046.pdf - Published Version

Download (299kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia))
5._D___Abstrak_(Indonesia)___12020120510046.pdf - Published Version

Download (210kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi)
6._D___Daftar_Isi___12020120510046.pdf - Published Version

Download (518kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
12._D___Daftar_Pustaka___12020120510046.pdf - Published Version

Download (582kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._D___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020120510046.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perusahaan mempunyai peran penting dalam memahami dan menanggapi
keinginan pelanggan, perhatian tersebut diberikan dalam proses penciptaan nilai.
Nilai yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggan harus beresonansi dengan
kebutuhan pelanggan dan manfaat yang diterima pelanggan. Nilai yang ditawarkan
oleh perusahaan menghasilkan keterikatan antara perusahaan dan pelanggan.
Keuntungan perusahaan yang mengimplementasikan Customers Brand Affinity
adalah dapat meningkatkan advokasi merek dan kinerja pemasaran. Namun
demikian, tidak semua penelitian memberikan hasil bahwa Customers Brand
Affinity berpengaruh terhadap Brand Advocacy merupakan masalah yang
melatarbelakangi penelitian ini. Service Dominant Logic dipilih untuk menjadi
kerangka pikir karena dapat menjelaskan dengan lugas mengenai nilai yang
ditawarkan perusahaan kepada pelanggan.
Tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah model konseptual untuk
mengatasi kesenjangan pada hasil penelitian mengenai pengaruh Customers Brand
Affinity terhadap Brand Advocacy dengan studi empiris pada UMKM produk
makanan halal. Untuk menjembatani hubungan antara pengaruh Customers Brand
Affinity terhadap Brand Advocacy maka dibutuhkan variabel lain sebagai variabel
mediasi. Proses sintesis dari Service Dominant Logic dalam penelitian ini
menghasilkan variabel baru yaitu Halal Value Resonating Quality. Untuk
menyelaraskan tujuan penelitian, maka variabel Halal Value Configuring
Capability, Halal Positional Advantage dimasukkan untuk meningkatkan Brand
Advocacy dan Kinerja Pemasaran pada UMKM produk makanan halal di Jawa
Tengah.
Responden penelitian ini adalah pemilik usaha, pengelola, pemilik usaha
dan pengelola UMKM di Jawa Tengah yang bergerak dibidang produk makanan
halal dan telah mendapatkan sertifikasi halal sejumlah 369 sampel diolah dengan
prosedur Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan alat analisis
SPSS dan AMOS 23. Seluruh asumsi yang dipersyaratkan oleh SEM telah
terpenuhi. Dari 7 hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, semua hipotesis
diterima. Berdasarkan pengujian hipotesis mediasi dapat disimpulkan bahwa
perusahaan yang memiliki Customer Brand Affinity dan mengimplementasikan
Halal Value Resonating Quality akan meningkatkan Brand Advocacy dan Kinerja
Pemasaran. Penelitian ini memberikan implikasi teori berupa perspektif baru
terhadap Service Dominant Logic dan implikasi manajerial.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: customers brand affinity, halal value configuring capability, halal value resonating quality, halal positional advantage, brand advocacy, kinerja pemasaran, service dominant logic
Subjects: Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Doctor Program in Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:13
Last Modified: 14 Aug 2024 07:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25596

Actions (login required)

View Item View Item