NIDYA, INDRIANA RAHMA (2024) HUBUNGAN ASUPAN ZAT GIZI, STATUS GIZI, DAN KEBUGARAN JASMANI, DENGAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 9 Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
REPO INDRIANA.pdf - Published Version Download (374kB) |
Abstract
Pencapaian prestasi akademik yang tinggi mempengaruhi kualitas sumber daya manusia. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal, seperti faktor fisiologis yang mencakup asupan makanan, status gizi, dan kebugaran jasmani, faktor psikologis dan faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan asupan zat gizi, status gizi, dan kebugaran jasmani dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dengan jumlah sampel 86 siswa, diambil menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data meliputi prestasi belajar dari nilai ujian murni, asupan zat gizi melalui food recall 24 jam. Status gizi dengan cara mengukur berat badan dan tinggi badan stadiometer untuk mengidentifikasi Indeks Massa Tubuh (IMT) dan kebugaran jasmani diukur dengan tes Multistage Fitness Test. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis univariat, bivariat menggunakan chi square, dan multivariat menggunakan regresi logistik ganda. Hasil penelitian menunjukkan asupan zat gizi responden pada asupan energi, karbohidrat, protein, dan zat besi termasuk kategori kurang. Sementara asupan lemak responden termasuk kategori lebih. Status gizi responden mayoritas termasuk kategori gizi baik. Kebugaran jasmani responden mayoritas termasuk kategori kurang sekali. Tidak terdapat hubungan antara asupan energi (p=0,889), karbohidrat (p=0,767), zat besi (p=0,670), dan status gizi (p=0,569) dengan prestasi belajar. Sementara itu, terdapat hubungan kebugaran jasmani dengan prestasi belajar siswa (p=0,019). Hasil analisis regresi logistik menunjukkan terdapat hubungan asupan protein (p=0,029), asupan lemak (p=0,026), kebugaran jasmani (p=0,018), dan tambahan les (p=0,018) dengan prestasi belajar. Faktor – faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah asupan protein, asupan lemak, kebugaran jasmani, dan tambahan les.
Kata kunci : asupan zat gizi, kebugaran jasmani, prestasi belajar, status gizi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Public Health |
Divisions: | Faculty of Public Health > Department of Public Health |
Depositing User: | endah nurkhayati |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 07:37 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 07:37 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25572 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |