Search for collections on Undip Repository

OPTIMALISASI PRINSIP SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN OLEH DINAS SOSIAL PROVINSI JAWA TENGAH. _79 HTN 2024

PURUBOYO, KANJENG GUSTI PANGERAN HARYA and Saraswati, Retno and Soemarmi, Amiek (2024) OPTIMALISASI PRINSIP SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN OLEH DINAS SOSIAL PROVINSI JAWA TENGAH. _79 HTN 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah turut melaksanakan program SDG's berdasarkan Pasal 4 Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 60 Tahun 2019 tentang Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Provinsi Jawa Tengah 2019-2023. Program SDG's yakni berupa pengentasan kemiskinan, mencapai kesetaraan dan mengatasi perubahan iklim. Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dalam menjalankan fungsi salah satunya yakni kebijakan penanganan kemiskinan dalam amanat Pasal 4 Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dalam melakukan optimalisasi pengentasan kemiskinan serta mengetahui kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dengan cara meneliti data sekunder terlebih dahulu untuk kemudian dilanjutkan dengan penelitian terhadap data primer di lapangan. Spesifikasi penelitian deskriptif analitis yaitu dengan menggambarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dikaitkan dengan teori hukum dan praktek pelaksanaan hukum yang menyangkut permasalahan. Sumber dan jenis data menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara dan data sekunder dari studi kepustakaan. Analisis yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan penalaran induktif. Hasil dari penelitian ini diketahui pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah telah melakukan optimalisasi pengentasan kemiskinan melalui Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dengan melaksanakan penanganan kualitas di kawasan kumuh, aksesibilitas di wilayah kesulitan (geografis), Program Keluarga Harapan (PKH), dan pemberdayaan masyarakat dan sektor (SDM). Kendala yang dihadapi Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dalam pengentasan kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah berkaitan dengan faktor kebijakan, faktor penyaluran bantuan sosial, faktor lemahnya akurasi data, serta faktor sumber daya manusia. Saran yang dapat dirumuskan yakni perlu dilakukan sinergi kebijakan perencanaan di tingkat nasional dan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota serta diperlukan data mikro yang dapat menjelaskan penyebab kemiskinan.
Kata Kunci: Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Pengentasan Kemiskinan, Sustainable Development Goals.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Pengentasan Kemiskinan, Sustainable Development Goals
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Users 201 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:23
Last Modified: 27 Aug 2024 02:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25563

Actions (login required)

View Item View Item