Search for collections on Undip Repository

ANALISIS HUBUNGAN IKLIM KESELAMATAN KERJA DENGAN KEJADIAN NEAR MISS PADA OPERATOR CONTAINER CRANE DI PERUSAHAAN X SEMARANG

PUSTAKARINI, IMANIAR (2024) ANALISIS HUBUNGAN IKLIM KESELAMATAN KERJA DENGAN KEJADIAN NEAR MISS PADA OPERATOR CONTAINER CRANE DI PERUSAHAAN X SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Near miss atau dikenal sebagai kejadian hampir terjadi, insiden, atau kejadian yang hampir, merujuk pada peristiwa yang tidak diinginkan. Near miss tidak menimbulkan suatu kerugian, tetapi apabila diabaikan dan terakumulasi, puncaknya dapat menimbulkan kecelakaan kerja yang tentu menimbulkan kerugian materiel dan nonmateriel. Hal ini sesuai teori piramida kecelakaan. Satu kejadian fatal disebabkan adanya 600 kejadian near miss. Near miss dapat terjadi akibat adanya kondisi dan perilaku tidak aman. Hal ini dapat dikendalikan dengan mengetahui kondisi iklim keselamatan kerja. Iklim keselamatan kerja mencerminkan nilai-nilai dan persepsi pekerja kepada manajemen mengenai kebijakan, prosedur, dan praktik keselamatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan iklim keselamatan kerja dengan kejadian near miss pada operator container crane di Perusahaan X Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 37 operator container crane dengan metode purposive sampling. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah angket Nordic Safety Climate Questionnaire 50 dan angket kejadian near miss. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama enam bulan terakhir terdapat 67,6% atau 25 operator mengalami kejadian near miss. Berdasarkan hasil uji statistik chi square menunjukkan bahwa adanya hubungan antara dimensi komitmen pekerja terhadap keselamatan kerja (0,002). Sedangkan hasil menunjukkan tidak ada hubungan untuk dimensi komitmen dan kompetensi manajemen pada keselamatan; pemberdayaan menajemen keselamatan kerja; keadilan manajemen keselamatan; prioritas keselamatan pekerja dan tidak ditoleransinya risiko bahaya; pembelajaran, komunikasi, dan kepercayaan antarpekerja; serta kepercayaan terhadap keefektifan sistem keselamatan kerja terhadap kejadian near miss.

Kata Kunci : iklim keselamatan kerja, near miss, NOSACQ-50,
operator container crane

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: Users 170 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:48
Last Modified: 29 Aug 2024 02:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25521

Actions (login required)

View Item View Item