Search for collections on Undip Repository

STRATEGI CUSTOMER SERVICE DALAM MENGATASI SHIPPING DELAY (KETERLAMBATAN PENGIRIMAN) IMPOR PADA PERUSAHAAN FREIGHT FORWARDER DI PT ACT MITRA CONTAINERLINE SEMARANG

Adinira, Millenia (2024) STRATEGI CUSTOMER SERVICE DALAM MENGATASI SHIPPING DELAY (KETERLAMBATAN PENGIRIMAN) IMPOR PADA PERUSAHAAN FREIGHT FORWARDER DI PT ACT MITRA CONTAINERLINE SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

PT ACT Mitra Containerline adalah perusahaan logistik yang menyediakan jasa
international freight forwarder. Sebagai perusahaan jasa, perusahaan memiliki
customer service yang berperan penting dalam memberikan pelayanan, salah
satunya dengan mengatasi permasalahan yang dihadapi customer. Terdapat
permasalahan yang dihadapi perusahaan yaitu kasus keterlambatan pengiriman
impor milik PT Bhineka Industri Nusantara yang disebabkan oleh port congestion.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi customer service dalam mengatasi
keterlambatan pengiriman impor serta untuk mengidentifikasi kendala dalam
mengatasi keterlambatan pengiriman impor pada perusahaan freight forwarder di
PT ACT Mitra Containerline Semarang. Pada penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara dengan informan, observasi, serta dokumentasi.
Hasil studi menunjukkan bahwa strategi yang digunakan customer service dalam
mengatasi keterlambatan pengiriman impor akibat adanya port congestion adalah
menyampaikan delay notification ke customer, reschedule ETA dengan mencari
jadwal sandar kapal tercepat melalui pihak shipping line, dan melakukan perbaikan
dokumen. Kendala dalam mengatasi keterlambatan pengiriman impor berupa
perubahan dokumen draft inward manifest yang perlu segera diperbaiki dan batasan
waktu sending ulang ke sistem Bea Cukai.
Kata Kunci: Customer Service, Freight Forwarder, Keterlambatan Impor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Customer Service, Freight Forwarder, Keterlambatan Impor
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: School of Vocation > Diploma in Management
Depositing User: Users 229 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:49
Last Modified: 09 Aug 2024 02:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25478

Actions (login required)

View Item View Item