Febriningtyas, Alfiana Laudza (2024) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DAGING AYAM DI PRIMA FRESHMART KABUPATEN KUDUS. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Bagian 1.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
Bagian 2.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
Bagian 3.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
Bagian 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bagian 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bagian 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bagian 7.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen daging ayam serta menganalisis kepuasan konsumen daging ayam di Prima Freshmart (PFM) Kabupaten Kudus. Penelitian dilakukan di 7 cabang PFM Kabupaten Kudus pada bulan Januari – Februari 2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu survey dengan alat bantu kuesioner. Pengambilan sampel sebanyak 120 responden ditentukan secara quota sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh melalui studi literatur yang relevan serta dokumen dari instansi terkait. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif serta uji importance performance analysis (IPA) dan customer satisfaction index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen daging ayam di PFM Kudus didominasi oleh perempuan, kelompok usia mayoritas berusia 36 - 45 tahun, latar belakang pendidikan mayoritas S1, pekerjaan konsumen didominasi pegawai swasta. Mayoritas konsumen daging ayam PFM memiliki pendapatan Rp2.500.001 – Rp5.000.000 per bulan, dengan jumlah pembelian dalam satu kali membeli daging ayam sebanyak 2 ekor ayam utuh 0,95 – 1 kg. Rata-rata pengeluaran untuk membeli daging ayam dalam sebulan yaitu antara Rp50.001 - Rp150.000 dengan frekuensi pembelian daging ayam konsumen mayoritas sebanyak 2 kali dalam sebulan terakhir. Hasil analisis IPA terdapat 4 atribut yang harus ditingkatkan yaitu keterjangkauan harga, kecepatan pelayanan, keramahan pelayanan, dan lokasi PFM yang mudah dicari. Hasil perhitungan CSI secara keseluruhan adalah sebesar 80,79% artinya konsumen merasa puas terhadap kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, dan lokasi yang diberikan oleh PFM Kudus.
Kata kunci : daging ayam, kepuasan konsumen, prima freshmart.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | daging ayam, kepuasan konsumen, prima freshmart. |
Subjects: | Animal and Agricultural Sciences |
Divisions: | Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness |
Depositing User: | User Agribisnis |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 08:06 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 08:06 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |